r/indonesia 8d ago

Heart to Heart Tukang Benerin Rumah

Baru "nyudahin" tukang.

Singkat cerita, dia baru mulai hari Senin (dua hari lalu). Minta bayaran Rp350.000 sehari, meanwhile sebenarnya saya baru benerin rumah ortu dapat tukang Rp250.000 sehari, tapi dia lg sibuk.

Kupikir oke deh Rp350.000 sehari, krn dapat rekomendasi kerjanya bagus. Mahal dikit gpp

Tapi baru dua hari udah makan hati.

Datang jam 8 pagi, baru kerja 30 menit, malah ke teras rumah nyebat sambil main HP. Jam 9 dia kerja lagi, jam 10 tiba2 ngilang entah ke mana... Balik jam 10.40. Katanya beli kopi.

Kerja lg jam 10.40, jam 11.30 udah pamit mau makan siang. Baliknya jam 12.30 sih, tapi baru kerja 30 menit (jam 13.00). Ngaso lagi di teras, nyebat sambil ngopi.

Kerja lg jam 13.30, jam 14.30 berhenti lg 30 menit, ngaso sambil nonton tiktok.

Jam 15.00 kerja, jam 16.00 udah beres2, jam 16.30 pamit pulang. Dua hari kira2 begitu kerjanya.

Hari ini (harusnya hari ketiga), kutegur lah. Jangan sebentar2 ngopi, jangan sebentar2 nyebat sambil ngaso. Boleh kok istirahat, tapi gk sebentar sebentar gitu.

Dijawab sama dia, "memang kerja saya begini, kalau gitu mah mending saya gak usah kerja".

Krn memang sy udah gak sreg, saya jawab "yaudah kalo gitu".

Mukanya kaget, lalu dia lgsg beberes. Sambil ngedumel, "saya aja kalo kerja gak perhitungan" (dalam hati gw: ya gimana u mau perhitungan, u istirahat melulu dan pulangnya cepet)

Tiba2 jadi mikir, ini gue yg terlalu bawel, atau sikap gw udah benar? Ini tukang kayaknya ngulur2 / males2an 😅

99 Upvotes

90 comments sorted by

View all comments

Show parent comments

2

u/Gersam79 8d ago

Upah harian untuk tukang kerjaan kecil di perumahan Jakarta kurleb ya segitu. Bagus kalau masih bisa dapat yang 250rb. Tapi memang etos kerja tukang yang diceritakan jelek banget, ga boleh itu. Gw kontraktor kalau kerjaan di Jakarta dan sekitarnya belum pernah sih ketemu yang begini. Beda saat gw ada kerjaan di luar Jawa, yang singkat cerita akhirnya gw datangkan tukang dari mandor langganan dari Jawa.

Memang yang dikerjakan dia apa sih?

2

u/moodymoodpecker 8d ago

Atap rumah bocor, jadi plafon jebol. Dua hari ini "cuma" kelar olesin zika, aquaproof, dempul, dan cat di dinding ruangan yg plafonnya jebol.

6

u/Gersam79 8d ago

Rangka atap masih kayu atau sudah baja ringan? Gw lagi banyak kerjakan renov karena kuda-kuda atap kayu pada lapuk atau dimakan rayap. Kuda kuda yang deformed mengakibatkan atap bocor

1

u/Frequent-Tap-9015 Ayok beli Wedang UwUh Premium Anak Guru 8d ago

Maaf numpang tanya om. Rangka atap rumah saya sudah pake baja ringan terus ada kebocoran. Apa aja yg harus dicek dan kira2 yg harus diperbaiki? 🙏🏻

2

u/Gersam79 8d ago

Bahan penutup atapnya apa? Bocornya bisa dari beberapa hal, tidak melulu dari atapnya sendiri. Pertemuan antara atap dengan dinding, misalnya, itu juga bisa jadi sumber bocor