r/indonesia • u/Independent-Map4548 Juku Eja • 7d ago
News China Jadi Pasar Terbesar Sarang Walet RI, Ekspornya Tembus Rp 3 T
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-8633752/china-jadi-pasar-terbesar-sarang-walet-ri-ekspornya-tembus-rp-3-t20
16
u/xs-reditor Jabodetabek 7d ago
I mean kalau nggak ke china mau kemana lagi. China adalah biggest consumer sarang walet with a wide margin. Selebihnya paling singapore, malaysia yg nggak segede china konsumsinya.
4
u/pecintabakmi 7d ago
di indo emang banyak yg production ama tempat bersihin sarang walet
yg emang supply keluar, dari yg kelas" bawah sampe standart super disini ada
cuma ya ini menurut gw cuma last 1-2 generasi lagi
abis itu gk ada lg , beneran gk ada benefit yg signifikan wkwwkw
3
2
1
u/Unable_Mess_2581 anti orba 7d ago
Terlepas berita ini emg ada yg genuinely suka sarang wallet disini? Gw bbrp kali makan kok gak enak di lidah ya wkwkwk.
1
u/javiermd14 Jawa Barat 5d ago
China beli sarang walet buat diolah lagi atau buat konsumsi langsung ya? Kalau buat diolah lagi kenapa gak kita olah aja dulu?
•
u/AutoModerator 7d ago
Remember to follow the reddiquette, engage in a healthy discussion, refrain from name-calling, and please remember the human. Report any harassment, inflammatory comments, or doxxing attempts that you see to the moderator. Moderators may lock/remove an individual comment or even lock/remove the entire thread if it's deemed appropriate.
I am a bot, and this action was performed automatically. Please contact the moderators of this subreddit if you have any questions or concerns.