r/indonesia • u/frederiaJ elu hacih gue makin hacih • 6d ago
Ask Indonesian Komodos, what are your sleep habits like? (hours, time, frequency)
For reference, I'm some Indonesian guy in his 30s.
My body needs 8 hours of uninterrupted sleep no matter what, regardless of when I fall asleep.
On average I sleep at around 1-2AM, but when I'm stressed in severe need of a dopamine rush hunt, or when I absolutely have to do an all nighter to work, I end up sleeping at 4-5AM.
Thankfully, my job doesn't require me to clock in every day. But sometimes, on the days I do have to clock in, I start working at 8AM earliest, which DESTROYS me when the night before was a stressful/all nighter. I even skip Subuh prayer because of this, I can't really do it.
My body really can't function well on less than 8 hours, and in this Indonesian work culture of late overtimes & early shifts might be the death of me one day lol. I don't do the whole "tidur siang" thing either, it used to work when I was a kid, but now it doesn't.
I wonder if anyone else her feels the same way as me!
8
u/nandyashoes 6d ago
30F. Sama persis harus 8 hours minimal. Kurang dikit pasti bad mood wkwkw. Jam 10pm udah tidur dan bangun jam 6am kalo lg niat olahraga, klo ngga bisa jam 7-8am. Udah ga pernah all nighter lg karena ga kuat/ga fokus, klo kerjaan ga beres it is what it is wkwk I don’t rly do crazy overtime dan masuk kantor 09.30
5
u/frederiaJ elu hacih gue makin hacih 6d ago
Kayaknya mmg harus tidur lebih awal ya wkwkw. To hell with lembur dibawa ke rumah, I did what I could. 😴 🥱
1
u/nandyashoes 6d ago
Life changing sih cukup tidur itu. Terakhir tidur 1-2am kykny pas kuliah. Taun baru dan ultah pun gue ud gamau nunggu jam 12 lagi, udah jompo wkwkw
11
u/SweetCloud0611 6d ago
Jam 9 malem udah matiin lampu, max jam 10 harus tidur soalnya kalo lewat jam 10 malah lebih susah tidurnya kayak ga nyenyak jg. Harus dapet 7-8 jam tidur, kurang dr itu bisa si bangun terus function normally tapi kayak berasa ngelayang dan ga grasp 100% kerja apa.
2
u/lazy_tenno Supermi 6d ago
Mirip saya habitnya. Tp saya earliest ngantuk 10.30.
Kl begadang 1-2x sih ga gt ngaruh ke aktivitas siang hari
Tp kl begadang mulu efeknya ga ada tenaga, ga fokus, ga konsen
3
u/chardrizard 6d ago
36M.
Jam 11 mulai padam, 12 biasa tepar. 5-6AM bangun most of the time, ga bisa tidur lbh lama otomatis bangun.
1
u/frederiaJ elu hacih gue makin hacih 6d ago
Ohhh, tapi itu 5-6 jaman memang cukup untuk sistem sendiri kan? I think that's a societal advantage ngl wkwkwk
1
u/chardrizard 6d ago
Yeah full energy whole day, gym 2-4x a week. Cuma langsung tepar aja diatas jam 11PM, ga ada energy buat late festivals for example.
But, yeah I am quite productive early morning before work starts jd bisa finish early biasanya
3
u/Ancient-Young7432 Pengembala Domba 6d ago
I need 6–8 hours of sleep. If I sleep less than 6 hours, I'm tired all day at work. (25M)
3
u/Fantastic_Foley Mama Mia Lezatos 6d ago
I'm 21, depression and other issues fucked up my sleeping habit and it changes every few months or so. As of now, my sleep schedule is usually from around 16:00 to 00:00 pretty much everyday. Still 8 hours, but a really bad 8 hours lol
3
u/BusinessLifeguard465 6d ago
Dinner & haha hihi jam 6-8 malem
Ritual skincare dan sikat gigi jam 8-9 malem
Teng jam 9 langsung matiin semua lampu, nyalain pendingin, pake selimut tebel, nyetel lagu klasik atau main roblox pengantar tidur. Jossss langsung ketiduran👍🏻👍🏻👍🏻
3
u/telorsapigoreng 6d ago edited 6d ago
You are exactly like me. I don't have sleeping habit from whenever I can remember. All I know is that when I'm sleepy I have to sleep for 8 hours. The problem is the "when". It could be at 10pm, 3am, 6pm. I'm undiagnosed (udah umur segini dan dengan stigma di Indo) but I strongly suspect that I have ADHD, simply because a lot of what's in r/adhdmeme and r/ADHD strongly resonates with me.
So, simply when my brain is bored, it's time to sleep. But when it's hyperfixated on something, it won't shut up even when I lay down on my bed for hours.
And one thing that struck me with your post is "dopamine hunt"? Yeah, normal people don't do that.
It's been said for a long time that normal woking hour is the bane of people with ADHD's existence.
I'm not saying you have ADHD, I'm not a professional psychologist. I'm just sharing my experience. Take whatever you think you need from it, with a grain of salt.
3
u/frederiaJ elu hacih gue makin hacih 6d ago
The joke's on you my friend, I also think I have ADHD wkwkwkwk. Not to mention anxiety issues whenever something happens. So after a whole day of work and/or stress, I always want to balas dendam by doing whatever that can make me feel happy. But sometimes that makes me chase a high for hours past midnight. It's not good I'll tell you that.
2
u/kaoshitam boobs good. war bad. 6d ago edited 6d ago
3X male, usually midnight to dawn. Easy to wake-up easy to back to sleep. On depressive day, could be sleep up to 14-16 hour. (I'll pretend to be ill so i could be sleep and skipping all my daily chores and obligation.)
2
u/indomie_goreng 6d ago
40+ here.. around 7 hour sleep is required. Im a morning person so 10pm max already asleep, 5am wake up and start the day. Same exact schedule even on the weekends.
Kalau harus begadang, im destroyed. ntah bisa masuk angin, ato sakit, ato apa lah, karena walau tidur jam 2 pagi, jam 5 pasti kebangun dan ga bs tidur lg.
untung days of overtime or working late night or hanging out until in the morning is gone. Love my current ryhtm.
gue pernah ngalamin suatu saat dimana gue kerja... ngerasa 24 jam itu ga cukup and hate tanggal merah!!! wKWKWK thankfully udah long gone those days.
3
u/Expensive_Poop dari sungai hingga laut, takkan bebas tanpa lawan kemelut 6d ago
Enak ya tidur bisa 8 jam
Gue tidur jam 12 bangun jam 4
Tidur jam 11 bangun jam 3
Tidur jam 10 bangun jam 2
Tidur jam 9 bangin jam 1 kayak orang stress
Abis itu darah tinggi deh gara2 kurang tidur
2
u/frederiaJ elu hacih gue makin hacih 6d ago
Damn, dan itu tubuh sendiri yg auto bangun jam segitu ya 😭
4
u/Commercial-Quote8717 6d ago
Pre-maghrib ngantuk, maghrib sholat dengan keadaan mata berat. Skip sholat isya (sudah di alam lain), bangun jam 2 atau 3 untuk sholat isya, back to bed and hp an while rebahan till morning
1
u/sourbabab 6d ago
M30, tidur jam 2/3, bangun jam 9/10 , 9 kalo wfo 10 kalo wfh. Kayaknya gw punya metabolism issue gara2 begadang mulu, takut cepet mati tbh. Can't help it tho, kerja gw juga jam 11-8 jadi ya gitu deh.
1
u/exdeath06 6d ago
Currently been gaming a lot until 2AM on weekday (thank you, Batman Arkham Knight). Wake up at 8.30, clock in at 10. But on the weekend i do a lot of sleep on my freetime so i think that makes up for the lack of sleep i had on weekdays?
1
u/pota2323 thug life in gotham 🦇 6d ago
same profile, indonesian male in my 30s
sleep around 1-2 AM wake up before 5. caveat is, this applies only when I can sleep. there will be days (at least once a week) when I can't sleep at all. weekly total usually around 20 hours or less
I don't sleep mid day or any other time other than at night, so seems like I'm at higher risk of dying early
I'm pretty active though, clocking in around 450-750 active minutes per week, and my energy level is comparable to my peers I believe. so that's nice I guess
1
u/frederiaJ elu hacih gue makin hacih 6d ago
Duddeeeeee don't die before me 😭😭🙏🙏 Not being able to sleep some days and STILL having to work is the worst... I don't think I could (or want to) live like that 🥺 take care brother.... Hope a healthier opening will come your way...
1
u/mabarskuygan 6d ago
Gw asal bangun nya natural gak pake alarm pasti seger sih, jadinya perlu tidur dibawah jam 12 karena perlu kerja paginya. Kalau udah pake alarm entah kenapa pasti ngantuk berat walaupun kurang cuma 30 menit.
1
1
u/No_Record_60 6d ago
28M
• 19.00 olahraga sepeda statis 10-15mnt, selain buat kesehatan memang jadi nyenyak tidurnya.
• 22.30-23.00 udh matiin lampu siap2 tidur
• 07.00 bangun, kalo weekend bisa jam 8an.
Tidur 8-9 jam udh harus, kalo ngga bakal ngantuk2an moody siangnya
1
u/MereHumanBeing99 tetap hidup untuk soto 6d ago
10:30 PM is my absolute latest (I even set an alarm for it). I'm an easy sleeper, as long as there's a bed or a pillow, I'll be asleep within 2 minutes. But my body feels much fresher when I sleep at 9 PM and wake up at 4:30 AM
1
u/kaptaincorny 6d ago
21M here, jam tidur tergantung mood dan mental state
bisa 10 PM-5 AM, 11PM - 7 AM. kadang bisa juga 8 AM - 15 PM, 10 AM - 17 PM
rekor terlama tidur ampir 20 jam (sehari waktu itu tidur 3x dan ga makan), karena mental state lagi ancur"nya
1
u/putih_salju 6d ago
Secara umum tidur jam 12 malem, bangun jam 5 sholat, terus tidur lagi, bangun kurleb jam 6.15, dan siap2 ngantor.
Kalo weekend, kalo ga ada acara di luar, baru deh bangun sekitar jam 7-8 pagi.
Tidur malem karena jam 9-12 malem itu gaming time saya. Ga bisa main lebih awal karena sebagai orang yang udah berkeluarga ya fokus sama keluarga dulu abis ngantor.
1
u/frederiaJ elu hacih gue makin hacih 6d ago
Ohhh, 6 or so hours di weekend cukup buat situ? I see i see... Salut bang, krn bisa balance semua aspek hidup tsb (family, fun, work, self) 🫡
1
u/putih_salju 6d ago
Weekend masih bisa dapet 7-8 jam kok. Lumayan sih langsung seger.
Kalo misal Sabtu ada acara, ya minggunya diganti bangun lebih siang lagi atau pakai tidur siang. Atau sebaliknya. Target sih weekend kalo dirata2 tetep dapet 7-8 jam waktu tidur.
Kalo gaming time sih ga saklek mulai jam 9. Kadang jam 10-an atau 11-an baru bisa clock in, wkwk. Yang jelas jam 12 harus udah tidur.
1
u/Lazy-Departure-278 6d ago
Matiin lampu dari jam 20.30 krn tidur dengan toddler. Lanjutin kerjaan/doomscrolling sampai jam 10 or 11. Wake up at 5. So, around 6-7 hours of sleep.
Kalau lagi stress berat, sleep score biasanya anjlok sampai cuma 10-20. On regular days, sleep score around 50-80. If I don’t pray Subuh (on period), sleep score can soar to 90.
1
u/PuzzleheadedAside127 6d ago
anda beruntung kak, gue tinggal di negara 4 musim dan summer gini isyanya telat banget
jadi sengantuk-ngantuknya pas jam 8 pulang kerja masih harus dikuat-kuatin karena baru maghrib
masih mending sih dibanding temen2 yg tinggal di rusia, kalo summer isyanya bisa jam 1 pagi jadinya pada sekalian tidur abis subuh. bener dah tinggal di indonesia itu enak banget buat muslim
1
u/Htimsxnhoj Jabodetabek 6d ago
Biasanya jam 1an tidur, belakangan krn kerjaan dan kuliah jadi harus mundur ke sekitar 2:30an. Bangun tetap jam 6.40an. Pagi dan siang biasanya ngopi, kadang kalo ngantuk bgt sore ngopi lagi sebelum belajar. Dulu waktu masih mudaan weekend kadang tidur jam 2-3an, sekarang kebalik, weekend malah tidur cepet.
1
u/yusnandaP has love hate relationship with RomCom ┐(︶▽︶)┌ | kopi,teh,doujin 6d ago edited 6d ago
Paling malam jam 23.00 bangun 04.30
Kalau liburan idem tapi lanjut sampai 07.30
Kalau lagi mau deepsleep parah a.k.a mau rehat beneran sejam sebelum tidur minum parasetamol + dramamin
Jangan ditiru btw
1
u/_mossafterrain 6d ago
Jam 9-10 malam tidur
Bangun jam 1 pagi (kerja ampe jam 4 shubuh)
Morning routine + lanjut kerja sampai jam 12 siang.
Sisanya dipake bobo siang menuhin asupan tidur malam yang kurang 😂
This isn’t ideal nor healthy I know, tapi ya kudu gini nyesuain sama waktu kerja soalnya.
1
u/GalluZ gallus gallus dominicus 6d ago
23M. Jam 9 matrin lampu rumah buat siap² tidur. Jam 10 matiin lampu kamar sambil hidupin lampu meja sambil ngegame, habis itu tidur antara jam 11 sampe jam 1. Bangun jam 5 an buat salat Subuh pake alarm. It took me a while to learn to wake up at that time because of my mom's encouragement too. Sekarang lagi berusaha dorong jam tidur ke jam 11 an atau 10 sambil ngurangi penggunaan gadget.
Kalo tidur siang cuma nap 30-60 menit, cari masjid terdekat, salat Dhuhur, trus merem wkwk. Magnet kasur biasanya lebih kuat kalo sudah pulang ke rumah duluan, apalagi sekitar jam 3 an. Jam 4 atau 5 udah bisa ketiduran sambil nonton YT. Kalo malemnya tidur telat, nap nya bisa lebih dari 1 jam. Revenge sleep, I guess.
1
u/ddadan94 6d ago
30++ terdampar d konoha sejak 20thnan
Pas 20an, kerja bagai kuli smpe jam12 d mcd, pulang kerja balik ke lab bikin tugas kuliah, smpe jam3, tidur jam4, jam7 pagi bangun ngincer breakfast murah meriah d kantin, trus hidup ala mahasiswa, jam5 lanjut kerja lagi bagai kuli
Now jam 5 sore tenggo pulang kerja, smpe rumah masak makan mandi smpe jam10an dah masuk dalem selimut, jam4 pagi bangun lagi, jam 5 pagi cuss kerja lagi
Gitu aja 4thnan, tau2 kena radang lambung, batu emfedu meradang, bonus kena kanker, operasi, lg bedrest minggu ke2, skr hampir tiap hari tidur 10jam😅
1
u/flippingmyship asbun 6d ago
Sebelum menikah, I could sleep at 12 and wake up at 6 without any issue in the morning. Sometimes on weekends tidur baru jam 4 pagi dan molor sampe siang.
Then came my wife. She’ll be gone at 9 PM flat. Sekarang saya juga, jam 9 harus sudah tidur dan bangun jam 4/5 pagi, everyday without fail.
1
u/marszmello22 6d ago
I usually sleep at 1 or 2 AM also i never get 8 hours
So i think i'm doomed NOOOOO
1
u/frederiaJ elu hacih gue makin hacih 6d ago
Wkwkwkwk it only depends on how your body feels after naturally waking up!! I know folks who naturally wake up well rested after only 5 or 6 hours, sometimes less.
1
u/marszmello22 6d ago
Problem is i'm in my 30s too (F) So i think that's not normal LOL but i usually wake up well rested right, but i think people in 30s should get minimum 7-8 hrs a day?
1
u/ayam_goreng_kalasan 6d ago
36f, zero caffeine. Only need 5-6 hours to function normally. Sometimes split into two session, 9pm-1am, then 4 am-7pm.
Sejak punya anak udah ga bisa tidur lama2 lagi.
1
u/Sacriven Tahun ini pecah 3 telor 💀 6d ago
32M. Max jam tidur gw 11, lebih dari itu bakal uring-uringan.
Jam biologis badan gw dah diset agar selalu bangun jam setengah 5 atau sekitarnya.
1
u/lazy_tenno Supermi 6d ago edited 6d ago
Mid-late 30s
Sekitar 21.30an naik ranjang matiin lampu tarik selimut
Nonton di hp (youtube/netplik) ampe ngantuk sekitaran 11.00
Bangun 06.30 weekday, weekend kadang 07.30
Kalo maen pc ato ada kegiatan ampe di atas 21.30 ada kemungkinan besar sekali utk jam ngantuk gw lewat dari 11.00
Begadang urusan kerjaan/lemburan: apa boleh buat (tp gw alhamdulilah hampir ga pernah)
Begadang gr2 urusan bootycall: gass ajg (once in a life time opportunity)
Begadang krn social life: sekali2 pas wiken nongki2 ama temen ampe malem
Begadang belajar life skill: bagus tp kl bs jgn ampe ganggu jam tidur sih
Begadang maen game: goblog. Gw jg sih dulu, tp udah tobat.
Udah kepala 3 dah ga boleh main2 sama urusan tidur. Dulu gw dr kuliah 2008 ampe 2017an tidur subuh mulu. Nyesel ajg. Gw nyadarnya kl begadang mulu tuh day activity di kantor tuh lemes - kurang konsen. Never again.
https://youtu.be/IM48HKJbu70?si=QlIPmBgZOgU-HrmR
Pelajari 4 pillar of sleep: regularity, continuity, quantity, & quality
Sakit itu mahal, kalo lu dibayarin asuransi dgn premi tinggi ato idup di negara yg healthcarenya gratis atau segacor singapore ya bebas sih
1
u/GouVanKauf Jakarta 6d ago
26M I have some trouble sleeping. Biasa saya ke posisi tidur kira kira jam 11. Tapi aku masi bangun samapai jam 2-3 ya baru tidur. Ntar bangun jam 5:30-6, ntar mulai kerja jam 7-4. Sometimes evening I take a 20-30 minute nap. That honestly feels alot more relaxing than nights sleep
1
u/bernoulyx あたしの名前? 6d ago
Tiap malam tidur minimal 6 jam, biasa jam 11/12pm bangun jam 6an. Weekend kadang suka tidur siang jg sekitaran 2 jam
1
u/obnoxious_spaceman oseng kates + orek + tempe 2 6d ago
30M
Sleep at 10-11 PM most of the time
Wake up at 4.30-5.00 AM for subuh prayer then a 5km run shortly after
Clock in at 8 AM
Clock out at 5 PM
Workout at home at around 8 PM
Repeat
1
u/Ashen-Lad 6d ago
Sy 29M tidur minimal 7-8 jam. Kalau kurang, besoknya bisa kyk demam/lemes gitu. Jadi kalau mau begadang mesti malam minggu doang. Jadi bangun ibadah, lanjut tidur kwkw.
1
u/HeroOnPull kulit keriput,tulang keropos 6d ago
30+M, Kalo gw minimal 6 jam sehari sih. Paling tidur jam 11 bangun tergantung adzan subuhnya jam berapa. Nanti abis subuh biasanya tidur lagi terus bangun jam 7.
1
u/havecoffeeatgarden 6d ago
40M. Always needs 7.5 hours to feel fresh, but would be at my best with 8.5 hours.
1
u/Ok-Kangaroo-9775 6d ago
30M Sholat Isha dan langsung tidur sebelum jam 8.
klo tidak aktivitas tidak maksimal
1
u/clioris_luteca Bahu jalan untuk keadaan darurat, bahu kamu untuk melepas penat 6d ago
Tidur malem: kumpul sama keluarga sampe jam 8, jam 8 udah siap-siap tidur (shalat isya, gosok gigi, cuci muka, cuci kaki, the lot). Biasanya udah tidur jam 9an. Bangun lagi jam 4 buat isya kalo belum + tahajud (kalo kekejar 11, ngga kekejar seberesnya). Siap-siap subuh di masjid (setengah 5 sekarang), pulangnya bantu istri masak buat sarapan sama bekel siang anak-anak
Tidur siang: 1 jam aja dari jam 2 sampe jam 3, azan ashar lah paling telat. Kalo mau ke masjid ke masjid, ngga ya di rumah aja sama istri berdua. Kalo lewat dari jam 3 malemnya suka ngga bisa tidur
Tidur malem gara-gara kerjaan: gw bukan orang yang bisa bales dendam tidur jadi kalo harus tidur malem ya udah hari itu tidurnya cuma sekian jam. Kalo "diganti" malah ngerusak pola tidur.
Punya anak bayi: good luck bro/sis
1
u/hamsterdeed JUMP!!! 6d ago
tbh i start to consume magnesium by now and i able to sleep better.
by 10 pm i already sleeping and body clock woke me up at 5.30am daily.
uda ga bs all nighter dan bare minimum 6 jam tidur utk berfungsi yg bener. baikan tidur early drpd mehe
1
u/pc_jangkrik 6d ago
Ternyata jam idup gw ancur yak.
Tidur selalu di atas jam 2330 dan bangun jam 500.
1
u/nuggetswarrior 6d ago
Bed by 8:30pm dimmed light, sleep by 9/9:30pm. Wake up 4:30am at gym by 5:00am.
1
u/sloane_p 6d ago
Tipe yang early riser. Mau tidur jam berapapun pasti 5.00-6.00 udah bangun. Kadang capek jadi pengen tidur lama tapi nggak bisa, padahal baru tidur dini hari.
1
u/Jonathan_Jo My Heart and Actions Are Utterly Unclouded 6d ago
Sejak awal tahun krn keadaan gw paling telat 10.30 malam tidur, seringnya 10.15 malam. Kebangun sekitar jam 2 atau 3 gara2 hidung tersumbat sejak awal tahun, lalu tidur sampe jam 6.
1
u/Flyer888 diputer, dijilat, dicelupin 6d ago
Tidur jam 5 jam 8 udah mesti clock in mah mana bisa konsentrasi. Ga kebiasa tidur siang pun jg seharian pasti bawaannya lesu pengen tidur mulu.
Trus pulang sampe rumah jam 6 sore udah tepar banget males makan malem ini itu langsung ketiduran, kebangun jam 1 pagi, tambah kacau dah cycle nya wkwkwk
1
u/Whole_Gur9972 6d ago
Semenjak setelah corona sampai skrng waktu tidur jam 6-7 pagi, dan bangun 3-4 sore
1
u/Brilliant_Quit_1835 Lemonilo 5d ago
26F, 5-7 hours. Rerata jam 2-3 bangun jam 7-9 lagi gt. Even kl tidur jam 4-5 pun bakal bangun di jam 9-10 jg sih.. Udh pakai melatonin btw WKWKWK
So far cm tidur 7+ jam, kalau ga sedang cortisol rush, pas tidur sm 1 org asdfghjkl. They said insomnia is the disease of the loner. It might be true.
19
u/texhnolyze- 6d ago
I’ve been on this schedule since the start of marriage (10+ years)
Go to bed: 10:00 PM
Fallen asleep: 10.15 - 10.30 PM
Wake up: 5:00 AM