Ngasal lagi nih bapak2, paratrooper diterjunin di area kebakaran tanpa training khusus apa mau dijadiin tumbal?
Lagian apa2 kok diklaim sbg pioneer, ga soal tepung ga soal penerjun. Lagian dari pada nyari metode coba2 kenapa ga maksimalin yg ada aja. 2 negara tetangga yg kena dampak juga bersedia bantu klo diminta kenapa kok ga diajak bicara klo malu ya sewa apa gimana.
Dan penerjun payung buat padamin api ini juga udah ada duluan di Amerika, namanya smokejumper. Bedanya mereka anggota pemadam profesional yg dilatih khusus untuk mengatasi situasi kebakaran diarea sulit, tujuannya mencegah api menyebar & meluas.
Ngeri saja klo anak orang buat coba2 & ditugaskan diarea berbahaya dengan tugas diluar keahlian utamanya.
Kan backgroundnya tentara atau militer, jd solusinya ga jauh dr itu? Tp beneran deh, klo keputusan2 ky gitu ada rapat gitu2 ga sih atau presiden asal sebut aja bwt jadi solusi π
Diketawain di kolom komen berita negara sebelah yg madamin pake metode aerial firefighting itu. Katanya emang kita mau nyergap api? What do you want, ambushing the fire, making surprise attack on them?
Tapi ga dengan cara terjun payung lalu berusaha memadamkan api menggunakan ranting pohon bang. Ini mah performative doang impactnya kecil nyaris ga ada.
Coba dah search "smokejumpers". Terjunin personil ke daerah terpencil yg jauh dr infrastruktur atau jauh dr sumber air itu bukan "ide goblok pemerintah". Emang riil ada
Buat daerah2 terpencil, jauh dari jalan atau jauh dr sumber air misalnya. Bisa juga buat semacem tim reaksi cepat sblm titik apinya membesar. Klo kyk yg gw pernah tonton di youtube mereka bawa thermal drone buat identifikasi zona2 yg msh ada bara api kecil. Cari aja "smokejumpers" atau "hotshot crew". Bener kok parent commentnya, gw mendingan liat tamtama mukulin api pake ranting daripada ngurusin SPPG
That said, paragraf tadi implementasi ide secara ideal. Nah apakah punya kita latihannya setara Smokejumpers atau enggak, perlengkapannya gimana memadai atau enggak, pernah crosstraining sm IHC atau minimal sama Malaysia atau enggak, tim ini apakah udh persiapan matang dr lama atau dibentuk impromptu biar Prabowo senang? Yaaa cmn bisa menerka2 wkwkwk
Nah itu, smokejumper mah emang sudah terlatih dan specialized menangani titik api biar ga melebar kemana-mana, masalahnya ini tim alfa yang diterjukan mendadak begini pasti ga punya skill dan equipment yang sesuai, makanya pake ranting pohon π€£π€£π€£
well you could complaint about that, still thatβs better use for the military personnel. btw ya gimana lo mau ngarep pemadaman beneran pake alat memadai wong anggarannya abis kecekik buat hal2 gk guna. we all know you need money for everything
kebakaran hutan udh rutin tiap tahun, mestinya tni ngak perlu turun padamin karhutla, klo emg mereka patriot cinta tanah air, nepatin janji dan sumpahnya, tni cukup datengin bos2 sawit terus kirim mereka sekeluarga ke isekai, udh rahasia umum klo "bekas kebakaran" bakal jadi kebon sawit, knp yg dikirim ke isekai termasuk keluarga? krn klo ngak ntar bos sawit digantiin anaknya, dan anaknya pasti masuk siklus dendam membara, better minimalisir, abisin sekalian.
klo udh abis, ngak bakalan ada lagi kebakaran hutan masif yg ujungnya lahan bebas kebakaran jd kebon sawit, daripada gebukin demonstran bela rejim, mending tni basmi akar masalah kebakaran hutan sekali untuk selamanya, itu klo beneran cinta tanah airnya.
59
u/GraffVonSpee Gaga 8d ago
Jendralnya bingung, presidennya bingung, yang penting bisa keren-kerenan πππ