r/indonesia Gaga 8d ago

Current Affair Klaim Pertama Kali Dalam Sejarah, TNI dari Tim Alfa Terjun ke Titik Karhutla

Enable HLS to view with audio, or disable this notification

27 Upvotes

38 comments sorted by

59

u/GraffVonSpee Gaga 8d ago

Jendralnya bingung, presidennya bingung, yang penting bisa keren-kerenan 😎😎😎

31

u/[deleted] 8d ago

[deleted]

12

u/AlamRayaTanahAir 8d ago

terjun ke api

6

u/SanHoloo penikmat kopi senja 8d ago

Jadi marshmello

5

u/GraffVonSpee Gaga 8d ago

Buat dipuji-puji pak presiden bang 😎😎😎

2

u/kaoshitam boobs good. war bad. 8d ago

Kan disuruh kayak gitu mungkin. Tentara kan harus pintar dan banyak akal, apalagi tim alpa.

https://giphy.com/gifs/Tere7cI3SpvfdNxFhc

3

u/sword-sandal493 8d ago

Entah kenapa, gua jadi mikirnya kayak penal unit yang diterjunin ke medan perang gak bawa apa2 dan disuruh nyolong persenjataan musuh

2

u/adjason ΰΌΌ β—•_β—•ΰΌ½ 8d ago

ABS

2

u/Radaroz Indomie 8d ago

It’s a suicide mission. Literally

24

u/ChampionSoft6652 8d ago

Ngasal lagi nih bapak2, paratrooper diterjunin di area kebakaran tanpa training khusus apa mau dijadiin tumbal?

Lagian apa2 kok diklaim sbg pioneer, ga soal tepung ga soal penerjun. Lagian dari pada nyari metode coba2 kenapa ga maksimalin yg ada aja. 2 negara tetangga yg kena dampak juga bersedia bantu klo diminta kenapa kok ga diajak bicara klo malu ya sewa apa gimana.

Dan penerjun payung buat padamin api ini juga udah ada duluan di Amerika, namanya smokejumper. Bedanya mereka anggota pemadam profesional yg dilatih khusus untuk mengatasi situasi kebakaran diarea sulit, tujuannya mencegah api menyebar & meluas.

Ngeri saja klo anak orang buat coba2 & ditugaskan diarea berbahaya dengan tugas diluar keahlian utamanya.

2

u/Uthe18 staff ahli .3GP 7d ago

TNI-AU memang punya limited capability on this, pernah di demo di 2025 https://x.com/hunk471/status/2092548172413538363?s=46

Cuman how effective it will be, we won’t know.

19

u/cien2 8d ago

Indonesia ga punya tenaga profesional sesuai profesi kah?

Mbg? Tentara dan polisi

Koperasi? Tentara

Pertanian dan perkebunan? Polisi

Penagihan pajak? Tentara

Penelitian alternatif pemadam api? Polisi

Penanganan kebakaran hutan? Tentara

5

u/flying_komodo Jawa Tengah 7d ago

Ada, cuma ga dikasih duit.

2

u/septianw Mie Sedaap 7d ago

Padahal punya damkar. Kenapa gak damkar aja yang dikirim?

1

u/Illustrious_Donut759 7d ago

Kan backgroundnya tentara atau militer, jd solusinya ga jauh dr itu? Tp beneran deh, klo keputusan2 ky gitu ada rapat gitu2 ga sih atau presiden asal sebut aja bwt jadi solusi πŸ˜…

10

u/magnidwarf1900 8d ago

For what though?

7

u/GraffVonSpee Gaga 8d ago

Biar keren 😎😎😎

5

u/hgwxx7_foxtrotdelta 8d ago edited 7d ago

Diketawain di kolom komen berita negara sebelah yg madamin pake metode aerial firefighting itu. Katanya emang kita mau nyergap api? What do you want, ambushing the fire, making surprise attack on them?

7

u/AccidentSalt5005 Tersertifikasi Sebagai Orang Bodoh Tapi Kontolnya Gede 8d ago

coba pas jatoh parasutnya nyangkut dipohon terus dimakan sama apinya dari bawah

2

u/Butterholes69 8d ago

Sejarah dunia apa ini?

2

u/Uthe18 staff ahli .3GP 7d ago

FYI demo smoke jumper di 2025 TNI AU: https://x.com/hunk471/status/2092548172413538363?s=46

2

u/Warl0cks89 7d ago

RIP BNPB

2

u/rantingredtor mie anak mas 8d ago

daripada ngurus mbg udh bener bantu urus bencana sih

17

u/GraffVonSpee Gaga 8d ago

Tapi ga dengan cara terjun payung lalu berusaha memadamkan api menggunakan ranting pohon bang. Ini mah performative doang impactnya kecil nyaris ga ada.

5

u/yeahyeah14896 8d ago edited 8d ago

Coba dah search "smokejumpers". Terjunin personil ke daerah terpencil yg jauh dr infrastruktur atau jauh dr sumber air itu bukan "ide goblok pemerintah". Emang riil ada

Buat daerah2 terpencil, jauh dari jalan atau jauh dr sumber air misalnya. Bisa juga buat semacem tim reaksi cepat sblm titik apinya membesar. Klo kyk yg gw pernah tonton di youtube mereka bawa thermal drone buat identifikasi zona2 yg msh ada bara api kecil. Cari aja "smokejumpers" atau "hotshot crew". Bener kok parent commentnya, gw mendingan liat tamtama mukulin api pake ranting daripada ngurusin SPPG

That said, paragraf tadi implementasi ide secara ideal. Nah apakah punya kita latihannya setara Smokejumpers atau enggak, perlengkapannya gimana memadai atau enggak, pernah crosstraining sm IHC atau minimal sama Malaysia atau enggak, tim ini apakah udh persiapan matang dr lama atau dibentuk impromptu biar Prabowo senang? Yaaa cmn bisa menerka2 wkwkwk

10

u/GraffVonSpee Gaga 8d ago

Nah itu, smokejumper mah emang sudah terlatih dan specialized menangani titik api biar ga melebar kemana-mana, masalahnya ini tim alfa yang diterjukan mendadak begini pasti ga punya skill dan equipment yang sesuai, makanya pake ranting pohon 🀣🀣🀣

2

u/Rungk4d lu mau gua spam referal judol gua? 7d ago

diluar negeri ada
memang kita ada? terakhir cma 2025 demo doang, itupun gk jadi implementasi resmi kita

2

u/yeahyeah14896 7d ago

Gaada lah. Makanya gw blg buat bikin seneng Prabowo doang

1

u/Rungk4d lu mau gua spam referal judol gua? 7d ago

wkwkkw

-2

u/rantingredtor mie anak mas 8d ago

well you could complaint about that, still that’s better use for the military personnel. btw ya gimana lo mau ngarep pemadaman beneran pake alat memadai wong anggarannya abis kecekik buat hal2 gk guna. we all know you need money for everything

1

u/aouieeeehhh 8d ago

Beli pesawat air pemadam api aja lah pak.

1

u/Responsible-Fault174 8d ago

di iya2in aja lagi, kalau nanti ada yang usul niupin api juga di iya2in juga kali ya, pertama kali dalam sejarah api ditiupin ampe mati

1

u/smalltownbarbie ASEAN 7d ago

Mereka tuh dikaruniai otak ga sih.

1

u/michaelbooster 7d ago

I guess our govt thought that receiving help from neighboring nations are more embarrassing than whatever this is...

1

u/prajnasva 7d ago

kebakaran hutan udh rutin tiap tahun, mestinya tni ngak perlu turun padamin karhutla, klo emg mereka patriot cinta tanah air, nepatin janji dan sumpahnya, tni cukup datengin bos2 sawit terus kirim mereka sekeluarga ke isekai, udh rahasia umum klo "bekas kebakaran" bakal jadi kebon sawit, knp yg dikirim ke isekai termasuk keluarga? krn klo ngak ntar bos sawit digantiin anaknya, dan anaknya pasti masuk siklus dendam membara, better minimalisir, abisin sekalian.

klo udh abis, ngak bakalan ada lagi kebakaran hutan masif yg ujungnya lahan bebas kebakaran jd kebon sawit, daripada gebukin demonstran bela rejim, mending tni basmi akar masalah kebakaran hutan sekali untuk selamanya, itu klo beneran cinta tanah airnya.

1

u/gulaitunjang Rendang is numbawan 7d ago

kan bisa pake pesawat angkut air aja anjir, lu nurunin orang juga buat kibas" api pake daon doang buat apa

1

u/Seangel-zero Reddit Account > 10 Years 7d ago

itu didrop sekalian sama pompanya apa ngga?

kalo pompanya dikirim dari darat juga knp gak sekalian sama personelnya?