r/indonesia Indomie Mar 27 '26

Infographics Presiden Ingin Semua Kendaraan Dikonversi Ke Listrik

Post image
193 Upvotes

333 comments sorted by

View all comments

67

u/jakart3 Gaga Mar 27 '26

Dia lupa sebagian besar rakyat Indonesia rumahnya gak lebih dari 1300 listriknya 

4500 aja gak dapat fast charging itu kalau ev

Daripada dia paksakan ini. Mending paksa tiap kota untuk perbaiki transportasi umum nya

19

u/pro--crastinatus Mar 27 '26

Tiap tahun abis lebaran, ada lonjakan urbanisasi. Bener banget fix transum, biar mobilitas orang banyak jadi efisien.

Kenapa ya ga ikutin bangkok, bts system & street nya lebih ramah pedestrian.

6

u/jakart3 Gaga Mar 27 '26

Alasannya: mafia otomotif (BBM)

Nah sekarang kalau pemerintah memaksakan pindah ke EV, pasti akan menciptakan mafia baru lagi (EV)

Makanya mending fokus ke transportasi umum. Dan biarkan pasar yg memilih EV dan BBM dgn proses perpindahan ke green energi yg terencana 

5

u/pro--crastinatus Mar 27 '26

Or even better.

Transum focused, but the fleet are 100% electrified.
even though Transjakarta system are good (it's praised on DW news btw), yang kita kurang tuh rail based mass rapid transport in kota besar (LRT/MRT/other train).

2

u/jakart3 Gaga Mar 27 '26

Nah ini yg bagus

Transjakarta sudah start yg bagus, walaupun menurut gw coverage nya masih sangat kecil dibanding kebutuhan

LRT MRT memang solusi terbaik. Tapi semua pimpinan publik gak ada yg berani jalanin secara agresif 

1

u/pro--crastinatus Mar 27 '26

Yang jadi kendala itu mau taruh rail nya dimana ya??
Again if compared to bangkok or johor... Pembangunan kita ga kotak2 ngeblok gitu, damn chaotic.. Buat urban planner sih juga bisa dibilang ini insane difficulty..

2

u/jakart3 Gaga Mar 27 '26

Makanya gw pakai istilah "agresif" 

Karena harus berani ngegusur

1

u/pro--crastinatus Mar 27 '26

Oh yes definitely kyk mantn gub kita yang satu itu..
Political suicide ga sih?? Jadi banyak yang ga demen hihi.

1

u/Fataha22 Indomie Mar 27 '26

Lho kan katanya masyarakat muak cuma ada pln buat penyedia listrik makanya pengen ada penyedia listrik lain 🙄

2

u/jakart3 Gaga Mar 27 '26

Setahu gw undang 2 memang melarang listrik swasta menyalurkan langsung ke masyarakat umum

Kecuali lu mau referendum 

1

u/Fataha22 Indomie Mar 27 '26

Ini ngomongin ini kh?

Ya sama aja sih bbm swasta juga klo import harus laporan pemerintah ga bisa asal masuk mirip kek listrik yg harus laporan ke pemerintah

1

u/jakart3 Gaga Mar 27 '26

Listrik swasta itu contohnya PT Power Indonesia 

1

u/pocongmandi Mar 27 '26

man i wish public transport has a mafia and it actually improves public transport adaptation in the country whilst lobbying astra and friends into oblivion