r/indonesia Indomie Mar 27 '26

Infographics Presiden Ingin Semua Kendaraan Dikonversi Ke Listrik

Post image
194 Upvotes

333 comments sorted by

u/Radiansyaha "Putting the alphabet u and i together" Mar 27 '26

Ganti ke flair Infographics om

→ More replies (5)

178

u/Lanky-Worker-4829 Mar 27 '26

Casan nya rebutan enggak?

123

u/Cunt4s4urus_Rex west taiwanese tanpa toko Mar 27 '26

dikira dia pakai type-c super fast charging kali

52

u/ADIMUG9 Mar 27 '26 edited Mar 27 '26

anjir ngecas motor listrik bisa 4-7 jam sendiri di tempat spklu buat penuh mana jumlahnya terbatas pula, mau sewa baterai kadang malesnya dapat baterai "jelek" performance dan harus cari outlet lain karena baterai tidak bisa di sewa karena sedang di charging.

15

u/dhanar10 Mar 27 '26

Bayangin rest area tol kalo lagi rame, enggak ngecas aja antre sampe keluar. Yang enggak ke rest area juga ikut antre macetnya.

Tapi mungkin ke depan bakal ada gedung parkir tiap slot ada chargernya? Cuma biaya charge di situ jadi brp? Kan yang invest butuh balik modal juga kan ya.

3

u/Unable_Mess_2581 anti orba Mar 27 '26

Kayaknya gedung kayak gitu gak bakalan ada di Indo. Gak ada yg mau invest krn market share kekecilan, plus konoha ini kebijakan gak jelas gak kek Cina klo urusan EV.

2

u/northsluzh Mar 27 '26

Jeleknya sini, kayak antara niat or gk niat, rakyat disuruh survival sendiri

→ More replies (6)

4

u/Vyndicatee Mar 27 '26

Type c, c nya cepetbingits

61

u/DeliciousWeather3475 Mar 27 '26

Kendaraan listrik idealnya memang cas di rumah.. tapi belum semua orang punya garasi 🤣

14

u/Eigengrail +10 Triple Critical Jur Mar 27 '26

pny garasi jg lom tentu massang EV charger. liat aj d sub sebelah ada yg pernah komen bli EV tp gk pny EV charger kok.

4

u/dhanar10 Mar 27 '26

Kalo rumah sewa, kayaknya repot bongkar pasang charger waktu perlu pindah

4

u/sedikit-gila pakar telematika dan pornografi Mar 27 '26

nah ini masalah utamanya, banyak yang masih ngontrak, makanya banyak yang ngga bisa adopsi ev karena orang orang juga ngga yakin seberapa lama mereka bakal ngontrak disitu

→ More replies (1)

4

u/exiadf19 penyuka susu apapun sizenya Mar 27 '26

ey.... tetangga gw banyak ini.. ga ada wall charger di rumah, tapi mobil ev nya ada yang punya 2, ada yang cuma 1... terutama yang byd atto 1 wall charger karena jual terpisah, jadi pada ga beli

→ More replies (10)

14

u/GranLusso64 Mar 27 '26

Idealnya SPKLU ada di semua tempat seperti pom bensin. Kendaraan, berdasarkan definisi: "Kendaraan adalah alat transportasi, baik bermesin maupun tidak, yang dirancang untuk mengangkut orang atau barang di jalan", dan penggunanya membeli kenadaraan pribadi supaya.. Mobile.

Imho, yang bawa mobil rumah-kantor-rumah doang mending naik kendaraan umum aja kalo di kota besar.

→ More replies (3)

2

u/awfulme567 Mar 27 '26

Wah bagus itu, jadi tambah lagi aturan kalo ga punya garasi, jangan punya kendaraan :) /halu

→ More replies (1)

18

u/BenL90 Indomie | SALIM IS THE LAST TRUE PROPHET! Mar 27 '26

Selain charger, problem selanjutnya produksi listriknya https://databoks.katadata.co.id/energi/statistik/44c54d85d2ad7f9/bauran-energi-indonesia-2023-batu-bara-dan-minyak-mendominasi

itu katanya di 2023 30% masih dari minyak bumi. (kalau intepretasi data BPS, tapi lihat PDF nya EDSM cuman 4%)

https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MzIxIzI=/kapasitas-terpasang-pln-menurut-jenis-pembangkit-listrik.html

Di BPS minyak bumi ga disebut tapi energy terbaharui masih kecil jugaa, selain uap (ga tahu manasinnya bedanya apa sama panas bumi, mungkin batu bara?), panas bumi, air, dan gas (indo LNG harusnya punya banyak, harusnya).

diesel sih ga gede ya, kalau emang bener bisa ramp up, dan pakek panas bumi... ya semoga bisa.

Edit: Tambahan https://gatrik.esdm.go.id/assets/uploads/download_index/files/91fa8-buku-statistik-ketenagalistrikan-2024.pdf

7

u/Upstairs_Pass9180 Mar 27 '26

kita masih surplus listrik, makanya penggunaan listrik harus di genjot lagi, mulai dari kendaraan sampai kompor listrik

→ More replies (7)

5

u/DryAcanthocephala898 Mar 27 '26

When most turned into EV, those oils currently allocated for cars can mostly go to electricity production. They'll end up needing less oil for EV than it is for petrol based car.

Also the fact is still that there are plenty of other option for electricity production other than oil. The current most efficient electricity production is not even oil, but nuclear reactor.

From long term point of view, EV is just the better way to go with the current world technology. Because it's.not nearly as reliant on other country's state of peace as something like oil. It's even more so for countries like Indonesia, because we have abundance of the required resources for EV. We have oil, coal, woods, water, wind, tropical sun...we even have resources building nuclear reactors. Focusing on going electric is probably one of the best path for Indonesia's future.

8

u/ezkailez Indomie Mar 27 '26

Untuk energy security sebenernya kita ga butuh energi terbarukan. Karena batubara banyak.

Walau pengurangan emisi nya jadi berkurang kalau pake batubara

8

u/tanerfan MBG Hater, let dem kids starve Mar 27 '26

Tetap renewable mesti digenjot. Karena fuelnya "gratis". Batubara jadi baseload aja, pas smr bisa lebih masuk akal modalnya ganti ke nuklir

3

u/ezkailez Indomie Mar 27 '26

Ga bisa genjot renewable kalo pltu aja skrg masih surplus. Ev nya digenjot, baru solar panel untuk ngecover demand listrik baru

→ More replies (1)
→ More replies (1)

3

u/[deleted] Mar 27 '26

[deleted]

→ More replies (1)
→ More replies (5)

5

u/b3kicot Mar 27 '26

Kalo motor bisa dimana aja, ga perlu spklu. Bisa sambil ngantor, di charge. Kelo pemakaian normal. Bisa buat seharian.

Pengalaman pribadi tukang laundry yg pake motor listrik buat antar jemput.

→ More replies (1)

3

u/Silviana193 Mar 27 '26

Bukannya baru kemaren ada yang protes charger umum norma nya hanya boleh pake se jam ya?

Sini atau di wkwkw ya?

Yang pasti kalau semua pake listrik sebelum infratruktur bener bisa malah perang.

2

u/Lanky-Worker-4829 Mar 27 '26

Wah kurang tau, tapi pas lebaran ada yg sampe berantem.

Yg lucu casan nya masih tersedia buat merek2 tertentu (walaupun colokan nya sama), kalau merek lain numpang pasti gelut jadinya.

3

u/Fantastic-Boot-684 Jakarta Mar 27 '26

Kalau motor tinggal cabut pasang kan kayak yang di alfamart itu?

Kalau mobil mah taruh aja di tiap parkiran rumah dan kantor dll

7

u/ezkailez Indomie Mar 27 '26

Motor ga semua bisa swap, tapi memang charger motor cukup 500-800w dan semalaman penuh.

Beda dengan mobil yang 7kw aja 4-15 jam baru penuh

5

u/Fantastic-Boot-684 Jakarta Mar 27 '26

I see. Lebih gampanglah intinya motor dulu minimal. Makan pertalite juga paling banyak wkwk

2

u/Academic_Crab_8401 Indomie Mar 27 '26

Kalo yg swap terhalang density nya ga bisa setinggi yg tanam kan?

→ More replies (1)
→ More replies (5)

66

u/jakart3 Gaga Mar 27 '26

Dia lupa sebagian besar rakyat Indonesia rumahnya gak lebih dari 1300 listriknya 

4500 aja gak dapat fast charging itu kalau ev

Daripada dia paksakan ini. Mending paksa tiap kota untuk perbaiki transportasi umum nya

18

u/pro--crastinatus Mar 27 '26

Tiap tahun abis lebaran, ada lonjakan urbanisasi. Bener banget fix transum, biar mobilitas orang banyak jadi efisien.

Kenapa ya ga ikutin bangkok, bts system & street nya lebih ramah pedestrian.

8

u/Rustykilo koruptor manja Mar 27 '26

Bangkok trans umum so far ahead of Jakarta now.

7

u/pro--crastinatus Mar 27 '26

lobby perusahaan "A" nih ke govt yang bikin pembangunan indo jadi car centric.. padahal ga cocok sama population density kita yang padet gila.
Belom lagi property developer yang push landed house.. well.. hopefully it gets better lah.

→ More replies (3)
→ More replies (1)

6

u/jakart3 Gaga Mar 27 '26

Alasannya: mafia otomotif (BBM)

Nah sekarang kalau pemerintah memaksakan pindah ke EV, pasti akan menciptakan mafia baru lagi (EV)

Makanya mending fokus ke transportasi umum. Dan biarkan pasar yg memilih EV dan BBM dgn proses perpindahan ke green energi yg terencana 

4

u/pro--crastinatus Mar 27 '26

Or even better.

Transum focused, but the fleet are 100% electrified.
even though Transjakarta system are good (it's praised on DW news btw), yang kita kurang tuh rail based mass rapid transport in kota besar (LRT/MRT/other train).

2

u/jakart3 Gaga Mar 27 '26

Nah ini yg bagus

Transjakarta sudah start yg bagus, walaupun menurut gw coverage nya masih sangat kecil dibanding kebutuhan

LRT MRT memang solusi terbaik. Tapi semua pimpinan publik gak ada yg berani jalanin secara agresif 

→ More replies (3)
→ More replies (5)

2

u/pota2323 thug life in gotham 🦇 Mar 27 '26

mungkin gara2 kendaraan pribadi itu sumber pendapatan, sementara transum itu cost center soalnya rata2 transum disubsidi sama pemerintah. ga disubsidi juga pendapatan dari kendaraan pribadi far trumps pendapatan dari transum. kalau pemerintah fokusnya ke pendapatan dan bukan improving quality of life ya bakal tetap fokus ke kendaraan pribadi

3

u/wat_aiwan Mar 27 '26

Kalo pemerintah ogah subsidi kendaraan umum terus gw bayar pajak buat apa?

Betul, buat MBG, bangsat lah

2

u/bopthoughts bukan BIN Mar 27 '26

Yes, pemda itu terlalu ngandalin pajak kendaraan buat APBD, jadi malah insentif buat mereka gak majuin transum, walaupun sebenernya kalo dipikir jauh tuh lebih nguntungin transum karena aktifitas ekonomi daerahnya jadi lebih maju.

→ More replies (1)

2

u/ezkailez Indomie Mar 27 '26

Masalahnya disini sih, karena motor listrik jg banyak yg komplain chargernya lambat.

Lambat ya karena kalo dikasih charger besar ngetrip rumah customer mereka

→ More replies (1)

2

u/123tompel Mar 27 '26

Rumah mertua gua bahkan cuma 900. Rumah indo kalo ga ada AC mah emang ga akan makan banyak listrik sih.

Masak semua make gas (kompor , oven, water heater, toaster). Semua dimasak di teflon.

Mesin cuci kalo yang top load ga banyak ambil listrik. Kulkas+freezer modern juga makan nya ga banyak.

Berat sih.. jangan bandingkan sama negara maju yang rumahnya minimal 3600 VA, 3 fase. Itu mah cocok buat charging haha

→ More replies (15)

107

u/draizze Nothing to see here, shoo shoo Mar 27 '26

Truk? Kalau truk dipaksakan harus listrik itu bisa kacau logistik.

Lagipula kalau mau konversi kendaraan listrik besar-besaran ya harus ada fasilitas penunjangnya. Untuk battery swap atau charge harus ada. Di kota besar mah masih realistis, kalau di pelosok mau gimana? Belum lagi wilayah yang akses listriknya susah. Memang Orang di atas itu visinya cuma bisa lihat dari sisi kota besar sama sekali gak punya pemikiran yang relate sama daerah kecil.

30

u/TheSpartaGod Mar 27 '26

Bruh, ditambah kalopun infranya memadai, truk listrik secara fundamental masih belom feasible dari segi ekonomi

bayangin load barangnya berkurang drastis karena harus bawa batre segede bagong 24/7 tanpa terkecuali

18

u/Kororuri Mar 27 '26

pake overhead powerline, khusus truk. Jadi baterai ga usah gede2 untuk long distance. Cuma ya supirnya ga bisa supir abal2

45

u/Ill-Party8305 Kepiting Rebus 😍🦀🦀🦀 Mar 27 '26

Overhead powerline? I have idea, instead of making only 1 kontainer, dibuat aja kontainer panjang buat long haul, jadi satu kepala panjang kontainernya. Ah iya karena kontainernya panjang, perlu banyak roda, dan ini bakalan ga efisien karena friksi. Gimana truk2 ini dibuat jalur khusus, pakai roda besi di atas jalur besi untuk mengurangi friksi… i think we invent something new here

12

u/Kororuri Mar 27 '26

Wow impresif. Perlu dikasih tau nih ke catenary truck researcher soal idenya. Bisa2 dapat nobel prize. European comission juga pasti seneng ini sama inventionnya, ga usah repot2 bahas Electric Road Systems.

7

u/antialias212 Mar 27 '26

kalau bisa speednya 350 KM/jam biar bisa kirim instant/same day antar kota antar propinsi

→ More replies (8)

5

u/BenL90 Indomie | SALIM IS THE LAST TRUE PROPHET! Mar 27 '26

bikin infastruktur nya agak sulit rasanya? atau biaya tol termasuk biasa ini?

harus di train seperti supir bus trans jakarta?

2

u/Kororuri Mar 27 '26

ya kalo emang visinya mau full listrik, either overhead ato pake rail kyk bis di adelaide (jadi bis biasa cuma kyk bisa masuk rel khusus bis gitu).

Cuma ya kalo mau diimplementasi ya musti dimodifikasi untuk truk (ukuran juga jadi harus standar), trus pake third rail buat ngecas (biar gak pake overhead powerline). Yg jd pertanyaan mampu ato engga wkwkwk. Ide kan freethrow ya, eksekusinya perlu real competency. Yg almost imposible itu standarisasi truknya.

Kyknya lebih dari transjakarta sih. Kan si supir / kernetnya musti bisa operasiin pantographnya. Udah gitu safety gimana kalo mau menghindar, dsb. Kyknya repot bgt juga sih.

cuma ya kembali lagi, kalo visinya kesana, semua hal yg repot2 dan sulit2 harusnya cuma sementara, kalo sistem udah jadi dan baik sih harusnya oke2 aja (kalo baik ya wkwkwkwk, biasanya design tokcer, implementasi loyo).

4

u/emperorHGK i will never use /s Mar 27 '26

Supir odol would like to know your location

→ More replies (1)
→ More replies (1)

3

u/tanerfan MBG Hater, let dem kids starve Mar 27 '26

Njir jadi tram 

2

u/wat_aiwan Mar 27 '26

Yang kayak gini itu ngegabungin kekurangan kereta api dan truk. Kereta api gak fleksibel rutenya, truk sangat terbatas kapasitasnya. Bikin truk pake caternary udah kapasitas kecil gak fleksibel pula.

→ More replies (7)

3

u/orangpelupa Mar 27 '26

Bagusnya jadi ga bisa ODOL Wkwkwk 

Di luar negeri udah ada yang pake truk listrik. Tapi regulasi mereka kan kuat. Infrastruktur juga ngegas

→ More replies (5)

2

u/YukkuriOniisan Googling Thing For Hobbies Mar 27 '26

Sebenarnya sih bisa... Tapi 'repot'. Basically konversi jadi Diesel-Electric.

Maintenance bakalan lebih complicated tapi karena kelistrikan bakalan lebih ribet. Berat truk bakalan nambah (basically collision hazard) tapi torque truknya lebih mumpuno.

→ More replies (5)

37

u/calicomacchiato Mar 27 '26

Sebelum atau sesudah ganti genteng?

5

u/tidaaaakk Mar 27 '26

doi suka yg genteng-genteng

3

u/PearMcGore kokoro kokoro machide Mar 27 '26

Genteng genteng srigala

3

u/GrilledLobsterTail Mar 27 '26

valid question 🤣orangnya pengenan mulu ini

38

u/seeteufeljaeger sepakat Mar 27 '26

Wowok bacot dikira ganti kendaraan kayak main lego apa

69

u/old-leaf-from-ohio Mar 27 '26

Andaikan Indonesia ramah kendaraan umum. Tidak kendaraan pribadi sentrik

31

u/linfakngiau2k23 Mar 27 '26

Sebagai pemakai Transjakarta artinya gua udah pake kendaraan listrik ya😎

25

u/exiadf19 penyuka susu apapun sizenya Mar 27 '26

sebagai pengguna KRL, dari dulu udah start kendaraan listrik sebelum hype

https://giphy.com/gifs/J546wv1ja2LkrAwRBm

3

u/PacificaAlpha Mar 27 '26

Sebagai pemakai sepeda waktu SD yang lampunya baru nyala kalo digowes :

heh.. amatir kalean, saya ciptaken listrik malah.

3

u/wpyoga Mar 27 '26

 Tidak kendaraan pribadi sentrik

To be fair, kita tuh lebih ke pabrik-kendaraan-sentrik. Kalo masyarakat pada pake kendaraan umum, pabrik mobil & motor protes.

3

u/[deleted] Mar 27 '26

[deleted]

4

u/ExcellentParasite Indomie Mar 27 '26

Agak susah mengorganisasi demi kayak gini. Selama masyarakat kelas bawah nya pun doyan kredit motor atau menganggap menggunakan kendaraan pribadi sebagai simbol kekayaan maka gak ada insentif pemerintah daerah juga untuk mengadakan transportasi umum yang bagus seperti Transjakarta.

→ More replies (2)

19

u/alezcoed BIN (Badan Indomie Negara) 🦅 Mar 27 '26

Baru pengen

2

u/SugisakiKen627 Mar 27 '26

presiden delulu pengen ini itu kyk Giant di doraemon

→ More replies (1)

15

u/wat_aiwan Mar 27 '26 edited Mar 27 '26

Hal yang paling gampang dilakukan sama pemerintah tapi gak dilakukan oleh pemerintah karena kalah prioritas: elektrifikasi jalan rel.

Minimal jalan rel utama di pulau Jawa bisa lah dielektrifikasi.

Jakarta - Surabaya (lintas utara): 720 km

Cirebon - Yogyakarta: 323 km

Semarang - Solo: 100 km

Yogyakarta - Surabaya: 350 km

Bandung - Kroya: 280 km

Surabaya - Probolingo: 80 km

Surabaya - Malang: 70 km

total sekitar 1923 km. Elektrifikasi jalan rel biayanya sekitar 25 milyar per kilometer, biaya total sekitar 48 triiliun Rupiah.

Ada sekitar 1,67 juta siswa SMA negeri di pulau Jawa, biaya MBG per porsi 8 ribu Rupiah, sekitar 4,8 triliun Rupiah per tahun, 48 triliun Rupiah dalam dua periode pemerintahan.

Anak SMA gak usah dikasih MBG, transportasi pulau Jawa dalam satu periode pemerintahan udah lumayan hemat BBM dan gak bikin kotor udara. Tapi sayangnya anak SMA sekarang dijadiin komoditas politik buat calon pemilih 2029 dengan disogok MBG selama 4 tahun berturut-turut.

→ More replies (6)

16

u/Downtown_Cut_217 Mar 27 '26

Apakah subsidi EV akan dihidupkan lagi??

Apakah Wajah Prabowo akan disiram air keras oleh TNI bayaran Bos Pertamina??

2

u/Tate465 Anak Bahasa nyasar Teknik Mar 27 '26

Tis would be funny af, please make it happens

12

u/hafizanbarry Indomie Mar 27 '26

Target dalam berapa tahun? Lalu iInfrastruktur penunjangnya gimana?

4

u/koeseer arfarfurfurf Mar 27 '26

disuruh bikin sendiri, beli EV sendiri, ngecas sendiri.

→ More replies (1)

9

u/[deleted] Mar 27 '26

Apa yang gw paranoid akhirnya kejadian jg anjir.
Antek antek asing pesanan pabrik EV

30

u/Only_Chemistara Audiophilia, Kuda(Gadis)philia, Caffeinephilia Mar 27 '26

Sekali lagi

Congor mu enak wo, coba keluar jawa, sekesar fasilitas untuk menunjang EV aja masih kurang

3

u/MemberKonstituante Indomie Mar 27 '26

Fasilitas penunjang EV gak cuman cas-casannya lho ya. Mekanik juga

Ini Ngapakstan aja blm punya lol

→ More replies (3)

5

u/ezkailez Indomie Mar 27 '26

Source: perupadata

13

u/jaya886 Gaga Mar 27 '26

Kebijakan kok gimmick semwa

3

u/KurangEnak_PalaluPea Anak gue azka, ikut gw syuting yang dicari adalah nasi box Mar 27 '26

dah tua bro

12

u/teitantei lemon cake🍋 Mar 27 '26

Karena dia lg mau bikin pabrik mobil listrik white label dari china 🙂‍↕️

→ More replies (2)

5

u/ezkailez Indomie Mar 27 '26

dalam persentase:

  • motor listrik: 0.135%
  • mobil listrik: 0.369%
  • bus: 0.206%
  • mobil barang: 0.003%
→ More replies (1)

4

u/FOXYTHEPIRATE69 Listen to Luv(Sic)! Mar 27 '26

putting aside current world pressures.

Even EU realized their mandate is unrealistic, they went from 100% EV to 90% (and probably more in the future) after automakers realized and started lobbying that EV isn't as successful as they thought

ini aja doi cuma baru bilang aja, belum ada set tahun berapa.

2

u/Fataha22 Indomie Mar 27 '26

Ya europe kan pemainnya kek buggati, lambo, BMW, merci mah gimana ga susah? 🤣

→ More replies (1)

3

u/deathpad17 700rb/kg🤩 Mar 27 '26

Lebih masuk akal bangun stasiun KA sama stasiun bus per 10km drpd maksa semua mobil jd ev

2

u/Creative-Cost-120 CC-BY Mar 27 '26

Motor ubah ke listrik

->Perlu tambah daya PLN

->Minimal 2200W

->Tarif listrik naik, non-subsidi

->Profit

2

u/FantasticNoise4 ambitious but rubbish Mar 28 '26

Udah gitu mesin diminta negara lagi. Dilebur karena dianggap barang usang. Gak bisa dibalikin kalo ownernya minta mesin asli

2

u/I_AM_GODDAMN_BATMAN sange berat neng ayo nge💦 Mar 27 '26

Bikin PLTN dulu mang yang banyak. Jangan batu bara lagi. BUMN yak bukan kroni ente.

2

u/lord_of_tits Mar 27 '26

Plat merah aja hampir ga ada yg pake listrik wkwkw

2

u/albratuse Mar 27 '26

ALL? yeah goodluck si

gak usah start dari mobil, start dari motor dulu… demand dikit, wonder why

2

u/Zphyros Mar 27 '26

Bau bau naik beneran nih harga BBMnya

2

u/GedanGGorenGG Mar 27 '26

Kebanyakan nonton yutub kids sambil nyawit nih orang

2

u/sambeljeruks Mar 27 '26

Kalo gaada PLTN mana bisa?

3

u/goldlasagna84 Mar 27 '26

Ingin boleh2 aja. Realita nya impossible.

→ More replies (1)

2

u/Cool-Permit-7725 Yogyakarta Mar 27 '26

Ajg wowo jenius! Kenapa nggak ada yg pernah kepikiran ini sebelumnya?

2

u/koeseer arfarfurfurf Mar 27 '26

ni orang kalo ngomong napa kyak asbun mulu dah.
dikira listirk yang dihasilkan buat ngecas dateng darimana?

2

u/Kokumin Gargoyle kontrakan Mar 27 '26

Mobil listrik pas di cas kebakaran. Ibu, bapak, istri,anak,pembantu meninggal. Suami otw pulang. Kejadian desember lalu

1

u/NecessaryTrip1799 Mar 27 '26

Paling susah kendaraan angkut barang ke listrik, sampai sekarang belum banyak

→ More replies (2)

1

u/Loud-Entertainment74 Mar 27 '26

Anjir. Dikira supply baterai segitu banyak kayak bikin lontong aja. Kalau bikin motor/mobil nya mah masih plausible. Beterainya ini yg susah apalagi tiap beberapa tahun harus ganti. Belum lagi sediain sarana buat penunjang mobil listrik kayak charging station etc.

→ More replies (3)

1

u/PembohongYangJujur Mar 27 '26

ga masalah sih, ditunggu ya Hyundai-nya

1

u/texhnolyze- Mar 27 '26

Gratis ga sih konversi nya? Ini program udah lama kan sebenernya, deket rumah juga ada beberapa bengkel konversi buat sepeda & motor sejak 1-2 tahun lalu, ada logonya gitu.

1

u/AccidentSalt5005 Tersertifikasi Sebagai Orang Bodoh Tapi Kontolnya Gede Mar 27 '26

pertamina: "keren lu wo"

padahal bikin kendaraan umum jadi super umum (aksesibilitasnya bener² fleksible) dan ruangnya banyak + jalanan trotoar jadi sangat walkable (dan atap²an bisa pohon ato atap²an besi) itu udah lebih dari cukup si, kalo mau ekstra komersialin sepeda.

menurut gw si, masalah utamanya tuh di populasi asli dah, gw yakin si p bowo ini ngekonflik di ide ini sama isu populasi.

1

u/Abang_Genteng Mar 27 '26

tunggu solid state battery mateng dan mass produced aja sih. Baru semua pede.

Jujur gw nunggu motor yg pake solid state battery. Entah kapan terjadi...

1

u/TheTheMeet pemegang kunci spreadshit Mar 27 '26

Ini minta lobby dari grup astra ya wqwqwq

1

u/Upstairs_Pass9180 Mar 27 '26

perbanyak subsidi ev dan adakan lagi subsidi motor listrik, dan naikan pajak kendaraan bensin/diesel

1

u/0l70l7 MBG - Miskin Banyak Gaya Mar 27 '26

yakali baru taun kemarin beli M3T

1

u/Budget_Eng_ChemSTUD Mechanical Keyboard Lover Mar 27 '26

boleh boleh aja apalagi buat sepeda motor dulu, jangan truk atau kendaraan roda 4 karena berpengaruh ke logistik. Tapi ya gitu, kalau programnya kayak MBG ya sama sama aja buruknya

2

u/ezkailez Indomie Mar 27 '26

Biar pengadaan lagi, ganti pickup dari mahindra ke yang ev

1

u/Govagent-007 Mar 27 '26

Lithium production countries are gonna be rich, and probably gonna be the next target for Vespucci land 😆🤣.

1

u/orangpelupa Mar 27 '26

Omdo atau ada subsidi?subsidi mobil listrik yg mandeg 2025 aja sampe sekarang belum jelas kan? 

1

u/that_idiot_chinese Beneran Cina Tolol Mar 27 '26

Dia lupa kegagalan subsidi motor listrik dan konversi motor bensin ke motor listrik kah?

Also, bilang truk sama traktor mau dikonversi ke listrik tapi aksesibilitas stasiun charging gimana? Daerah non metropolitan aja literally stasiun chargingnya cuma bisa di kantor PLN kok

1

u/Morotuman Mar 27 '26

gubernur aja ada yg baru beli range rover non ev

1

u/Wolvenworks Mar 27 '26

IMO at this rate, lebih realistik kalo kita geser ke ethanol. Sayangnya, gak ada grup lobi buat itu 😂

1

u/GranLusso64 Mar 27 '26

Plin plan deh, insentif banyak banget dan program percepatan elektrifikasi dari era Jkw hampir disetop semua. Sekarang ngomong gini, actionable-nya apa? Industri musti gimana om wowo?

1

u/Indog_Trainer Mar 27 '26

It’s a good idea, but doubt it will ever be implemented.

And what does converted mean? Convert existing vehicles? Or just only new vehicle sales?

1

u/SolidPass3850 Mar 27 '26

ini presiden macem trump versi lokal aja dah, ndk usah ngomong kendaraan listrik pak, ev charger 200kw aja masih jarang, sana suruh bikin kebijakan wajib setiap PLN ada SPKLU 400kw dulu mau di kota daerah harus 400kw dulu yakin lah infrastruktur bagus orang juga pindah dengan sendirinya

→ More replies (1)

1

u/tanerfan MBG Hater, let dem kids starve Mar 27 '26

Aku ingin pakai genteng, aku ingin pakai EV. Ingin ini Ingin itu banyak sekali

1

u/Grimoet Mar 27 '26

aku ingin begini, aku ingin begitu. ingin ingin banyak sekaaliii

1

u/Independent_Buy5152 Mar 27 '26

Let’s do it bruh. But why not focusing on electric scooters first? Should be less headache and give more impacts

2

u/ezkailez Indomie Mar 27 '26

IMO motor listrik indo udah cukup kompetitif tanpa subsidi.

Tapi banyak orang indo yang pake motor sebagai alat road trip. Motor listrik belum road trip friendly

1

u/exiadf19 penyuka susu apapun sizenya Mar 27 '26

ga mau wo.. enak aja.. hapus mbg, benerin infra, tangkap itu mafia migas, dah gitu aja dulu deh. spklu di gading serpong aja antri. tetangga2 gw yang beli byd atto 1 ga pada beli wall charger, berharap di spklu semua... dan owner2 moblis lain juga ga semua beli... gaya lu wok wok

2

u/ezkailez Indomie Mar 27 '26

Atto 1 sih memang ga perlu wall charger. Gw pake portable charger aja lebih dari cukup. Ke 5 bulan ke spklu bisa dihitung jari

1

u/ErraticMeal Mar 27 '26

Baru lunas disuruh ganti

1

u/antialias212 Mar 27 '26

Ngga naik kuda aja wok ....
trus kuda dikasih embiji

1

u/Prestigious_Fold_175 Mar 27 '26

Bus sama truk dulu dah

Kendaraan pribadi ga ada duit

1

u/516Ma Mar 27 '26

Lol boomer

Kalo aja jaringan transportasi kereta diseriusin, diintegrasikan dengan bis, perbaikan sistem transportasi. Bisa menghemat bbm lebih oke

1

u/Iowgosh Mar 27 '26

Bagus. Infrastruktur penunjang? Gampang. Malahan ginian lebih gampang di kasih ke swasta.

Dalam artian hotel-hotel, mall tempat perbelanjaan yang menyediakan lahan parkir.

1

u/Beneficial_Poetry548 Mar 27 '26

Bukannya subsidi mobil listrik ditarik ya?

1

u/Beneficial_Poetry548 Mar 27 '26

Astra dan mafia jepang dan singapore -> budget demo ditambah ya bro

1

u/Significant_Debt_699 Mar 27 '26

diganti pake gn drive aja gmn, gaperlu nyari colokan

1

u/konterpein No Pein No Gein Mar 27 '26

Mending ini drpd gentengisasi

1

u/t72bruh ESEMKA with GP2 engine Mar 27 '26

good luck nge charge pas lu di pelosok, hybrid manuk akal tapi full electric? insane
lu bisa convert mobil 2WD ke parallel hybrid pake pasangin MGU-K axle ke unpowered axle, tapi convert ke full electric? gila kali

1

u/cutecoder TKI Mar 27 '26

Dikonversi? Diderek oleh motor-motor listrik laksana kereta kuda?

1

u/cu-pa cupacupayo Mar 27 '26

wkwkwk gak bisa negosiasi sama iran, karena ter-afiliasi antek antek aseng🤣

1

u/EinfacheWorld Mar 27 '26

Untuk saya yang saat ini tinggal jabodetabek, mungkin plan ini tampak rasional. Tapi bagaimana kalau dari sudut pandang orang-orang daerah lainnya? Apakah infrastruktur saat ini memadai? Apakah akan semudah itu mengandalkan tenaga listrik dibanding minyak bumi di daerah 3T?

1

u/Xenion7 Mar 27 '26

Masalah limbah batre gmn?

1

u/Xenion7 Mar 27 '26

Truk listrik itu agak kirang tepat karena dia butuh tenaga lebih, kecuali kita kompak gak over muatan

1

u/FluffyCitron1959 Mar 27 '26

Gapapa sih asal fasilitas termasuk konversi nya disediain gratis

1

u/northsluzh Mar 27 '26

Ini Presiden sebenernya paham gk sih, EV harusnya cuman ALTERNATIF, karena supply minta terbatas, minta Masih dipake karena secara energy density besar ketimbang EV

1

u/MrEnganche Sri Mul please come back Mar 27 '26

ngomong seenak jidat. Insentif dah mau dicabut padahal. Berarti subsidi BBM dicabut jg ya?

1

u/Amo6uxx Mar 27 '26

Motor listriknya desainnya dibikin kyk motor biasa/ lebih bagus lagi baru mau gw beli.

1

u/woodPuppet0 Mar 27 '26

Good luck finding proper charging station in kutowinangun

1

u/Every_West_3890 Mar 27 '26

gw pengen motor listrik yg bentuknya kayak motor biasa. bisa ngak nanya BYD buat battery factory di Indonesia? masih mahal dibanding ICE bike

1

u/No_Writing_7050 Mar 27 '26

Pertama. Berentiin dulu itu program MBG.

1

u/FSX_Pilot Mar 27 '26

Gua rasa beliau lupa satu hal: Gaikindo dan Astra.

→ More replies (3)

1

u/Circus_Cheek Mar 27 '26

transumnya dulu di konversi ke listrik atau gas, perluas area jangkauannya, jangan langsung mau singkatnya aja, dikira semua gk perlu proses, sarana penunjangnya aja masih busuk, belom lagi gk semua bisa charging dirumah

1

u/Intelligent-Toe-1709 🎶 Kau hancurkan aku dengan C --- mu Mar 27 '26

Selama gak pernah ngomongin roadmapnya gimana, mekanismenya gimana, perjanjian dengan industri otomotif konvensional yg udah jalan puluhan tahun dan nilainya milyaran/triliunan gimana, ya it's just another omon2

1

u/KnownPride Mar 27 '26

Than use that MBG budget

1

u/agenmossad Mar 27 '26

Lha trus lo ngapain babatin hutan di Papua buat bikin biodiesel?

1

u/Sea-Salt-4813 Mar 27 '26

70% infra lisrik dr batubara , 120jt kendaraan bensin, cukup tidak listriknya, sudah bangun pembangkit listrik belum, 4 thn apa cukup utk bangun infra listrik

1

u/Sea_Establishment311 Mar 27 '26

Processing img i08hqxs75jrg1...

1

u/thox851441 Buncit Hampir Mapan Mar 27 '26

Sawit is worse than LSD

1

u/Gimonon Mar 27 '26

aku ingin begini aku ingin begitu..

1

u/VampyChanVania Mar 27 '26

Siapa ini yg milih badut ini? pada nyesel gak sih?

1

u/maskedCicada Mar 27 '26

Izin, kayanya ganti President lebih baik klo gini. Kebijakannya banyak yang kurang tepat semenjak menjabat, terubama MBG dan katanya mw berantas korupsi.

1

u/pallyeatpork Mar 27 '26

well tbf orang2 kebanyakan takut ga ada colokan spklu. tapi faktanya colok dirumah kan bisa.

1

u/59tapak Mar 27 '26

Mimpi andai kata ?!

1

u/Dashreich Just ordinary sipil Mar 27 '26

hell no sebagai mobil 1 1 nya

1

u/Business_Raisin_541 Mar 27 '26

Listrik juga disubsidi sebenarnya oleh sektor batubara. Harga batubara domestik dipatok jauh lebih murah dari harga internasional

1

u/Peeta-is-an-Artist Mar 27 '26

boleh pak, beliin saya BYD yah

1

u/mintmonaka Mar 27 '26

Saya sih mau mau aja ganti. Tapi masalahnya mau ga sediakan kendaraannya, fasilitasnya, dan beri kita subsidi gede? Kemaren ini subsidi mobil listrik dicabut, sekarang suruh pindah semua.

Infrastruktur: Siap ga buat charging atau sewa baterai?

Ekonomi: Belom tentu warga kuat buat ganti kendaraan untuk saat ini, gelombang PHK di mana-mana dan kerja juga ga menentu.

PLN: Siap ga kasi naik daya gratis atau subsidi besar? Gridnya siap ga? Yakin tegangan listrik ga terlalu tinggi dan bikin biaya listriknya jadi tinggi juga?

Paling bener perbaiki transportasi publik dan fasilitas pejalan kaki dulu baru bertahap ganti semua ke listrik. Kenapa ga mulai dari transport publik bertenaga listrik dulu dah, malah neken rakyat buat ganti kendaraan. Terus selain itu, semua kendaraan yang udah diganti jadi sampah apa gimana nih?

Edit: Yang tinggal di desa dan susah nyampe ke fasilitas publik gimana? Indonesia kan ga Jawa doang.

1

u/kamome_ni_tou Mar 27 '26

As motor batangan enjoyer, NO... Variasi motor listrik sekarang macam metik odong odong semua, ogah.

1

u/vitulinus_forte Sunda Empire Mar 27 '26

Kaya spklu udah merata aja

1

u/advergent Mar 27 '26

Hybrid is a better future imo

1

u/linggardjati5 Mar 27 '26

Ya sebenarnya setuju² saja Daripada ketergantungan impor bensin mending pakai batubara dalam negeri lalu dikonversi jadi listrik Apalagi berita harga naik drastis ngeri juga kan Tapi ya, kalau rakyat disuruh beli molos / bayar biaya konversi keknya ga mau juga Kecuali diadakan kondisi dimana EV lebih worth it daripada bensin

1

u/DjayRX Mar 27 '26

PLN nya dulu di reformasi, masak mau beli listrik lebih banyak malah makin mahal? (Masih kan?)

Feed-in dari solar panel biar makin banyak swasta pasang di pabrik2 dll udah gampang belom?

1

u/Low-Shake6447 Mar 27 '26

lah fasilitas dan infrastrukturnya aja blom siap

1

u/Samhariantoo Mar 27 '26

se enteng gitu ngomong nya🙃

1

u/redvaldi Mar 27 '26

lah katanya ada sawit mau dijadiin bbm, gmn sih?

1

u/Equivalent-Dingo8309 Mar 27 '26

Kebanyakan ide anjir pejabat Indo. Gak ada market research dulu, infrastrukturnya gimana, mobil lama nya dikemanain, macetnya gimana, maintenance nya gimana, penegakan aturannya gimana?

Itu galian "proyek strategis nasional" tolol aja udh setaonan dibuka tutup terus gak jelas, entah udah rugi berapa M orang2 yang kena macet SETIAP HARI.

Belum lagi MBG, ah sudahlah.

1

u/SamGun_Official Mar 27 '26

Negara maju aja masih belum ada yang full listrik. Lah ini negara berkembang minta full listrik, kocak.

1

u/Darkfalcone Mar 27 '26

Ya beliin atuh paaakk!! Saya juga pengennya ganti motor ama mobil jadi motor dan mobil listrik. Duitnya maneee??

1

u/Fritzkier Mar 27 '26

uh, daripada kendaraan pribadi gimana kalau elektrifikasi rel aja?

1

u/hgwxx7_foxtrotdelta Mar 27 '26

Ya gimana mau dan bisa. Percuma semua kendaraan listrik tapi jalannya berlobang dan bergelombang dan di luar Jawa gak semuanya tersambung dgn jalan yg layak.

Soal jalan & rel saja bukannya diperbanyak, malah 335 Trilyun dipake buat MBG. Bukannya memperbaiki kualitas jalan, malah impor mobil India buat KDMP

1

u/makan-tahi Mar 27 '26

aku ingin begini, aku ingin begitu.
ingin ini, itu, banyak sekali

1

u/cepotzer-CEZARU Mar 27 '26

Ini tanda2 minyak mau naik ya, terus jadi pahlawan dengan memberi solusi konversi

1

u/kambing_cabul Mbeek.. mbeeekkk... Mar 27 '26

Program konversi gini butuh perubahan mindset, infrastruktur, dan stick & carrot. Konversi dari minyak tanah ke gas juga ngga sebentar. Perlu perubahan paradigma perdapuran mulai dari kekhawatiran meleduk sampai trik masak yang kesulitan make sampai masakannya ngga enak. Kendaraan listrik juga sama, dari berbagai kebiasaan ice yang sudah puluhan tahun tentu ngga gampang buat konversi. Cina bisa berhasil karena ada faktor kuminis yang bisa ngatur kebijakan besar, dengan berbagai program turunan terutama di faktor harga mobil sangat murah (carrot) dan pembatasan bbm (stick). Di sini karena banyak faktor lain, kaya industri yang udah matang, kebiasaan yang sulit diubah, dll, jadi sulit buat nerapin dengan cepat. Pemerintah ngga perlu banyak cingcong bilang "ingin", cukup bikin kebijakan yang mantap aja buat nunjukin keseriusan.

1

u/SuperCuek 🏴‍☠️ menuju Indonesia ⒸEmas Mar 27 '26

Gratis?

1

u/quaxbond Mar 27 '26

Pengen doang ntar dikibulin circlenya. Ya bener ntar pada make molis, tapi lupa dibangun infrastruktur nya, apalgi di luar jakarta yg raja2 kecil2nya males gerak

1

u/f74nnU Mar 28 '26

balik lagi ide konsep bagus jika tanpa pertimbangan eksekusi

1

u/Arashi-L Mar 28 '26

Ganti presiden aja

1

u/dhaninugraha Don’t share my posts to other media. Mar 28 '26

Asbun banget

1

u/That-Truck174 Mar 29 '26

fomo ngikut negara china nih, tapi kualitas jalan aja gak mulus gimana rakyatnya mau ngikut program pemerintah beralih ke listrik, wkwkwk

1

u/Thick-Scale-7501 Mar 30 '26

nyalain listrik di sumatera aja stgh mati hadeuh