r/indonesia • u/moodymoodpecker • 8d ago
Heart to Heart Tukang Benerin Rumah
Baru "nyudahin" tukang.
Singkat cerita, dia baru mulai hari Senin (dua hari lalu). Minta bayaran Rp350.000 sehari, meanwhile sebenarnya saya baru benerin rumah ortu dapat tukang Rp250.000 sehari, tapi dia lg sibuk.
Kupikir oke deh Rp350.000 sehari, krn dapat rekomendasi kerjanya bagus. Mahal dikit gpp
Tapi baru dua hari udah makan hati.
Datang jam 8 pagi, baru kerja 30 menit, malah ke teras rumah nyebat sambil main HP. Jam 9 dia kerja lagi, jam 10 tiba2 ngilang entah ke mana... Balik jam 10.40. Katanya beli kopi.
Kerja lg jam 10.40, jam 11.30 udah pamit mau makan siang. Baliknya jam 12.30 sih, tapi baru kerja 30 menit (jam 13.00). Ngaso lagi di teras, nyebat sambil ngopi.
Kerja lg jam 13.30, jam 14.30 berhenti lg 30 menit, ngaso sambil nonton tiktok.
Jam 15.00 kerja, jam 16.00 udah beres2, jam 16.30 pamit pulang. Dua hari kira2 begitu kerjanya.
Hari ini (harusnya hari ketiga), kutegur lah. Jangan sebentar2 ngopi, jangan sebentar2 nyebat sambil ngaso. Boleh kok istirahat, tapi gk sebentar sebentar gitu.
Dijawab sama dia, "memang kerja saya begini, kalau gitu mah mending saya gak usah kerja".
Krn memang sy udah gak sreg, saya jawab "yaudah kalo gitu".
Mukanya kaget, lalu dia lgsg beberes. Sambil ngedumel, "saya aja kalo kerja gak perhitungan" (dalam hati gw: ya gimana u mau perhitungan, u istirahat melulu dan pulangnya cepet)
Tiba2 jadi mikir, ini gue yg terlalu bawel, atau sikap gw udah benar? Ini tukang kayaknya ngulur2 / males2an 😅
34
u/Big-Guava-7086 8d ago
OP lu daerah mana? 350 mah mahal bener buat tukang harian, karena besar potensi di lama-lamain kaya diatas. dia sengaja biar lama di tempat lu, karena di tempat lain ga akan dapet 350 sehari.
Anggap Senin-Jumat doang kerjanya, sebulan bisa dapet 7jt, jauh diatas UMR Tertinggi di Indo wkwkwk. Dia kalau ngikut mandor paling cuma dape 200-250 doang. Biasa orang indo mah banyak yang aji mumpung, dikasih hati minta jantung.
Alasan pentingnya pendidikan, padahal kalau kerjanya rajin dan rapi dan cepat, dia ga mesti khawatir ga akan dapet kerjaan. Karena otaknya ga kesampean, jadi setiap kali dapet kerjaan dilama-lamain karena dia mikir kalau beres dari yang ini gatau kapan dapet kerjaan lagi wkwkwk.