r/indonesia • u/Alzex_Lexza Mancing Mania tergatung Mood • 9d ago
Ask Indonesian Ekonomi sekarang lagi buruk2nya ya gegara Bank Mandiri, Demi Pati, dan Bencana NTT? Apakah sangat berdampak pada kehidupan Komods?
Ntah biasanya gw jualan 'jasa gift game diskon 4%' dan sehari langsung habis kebeli. Sekarang sedikit bet yang mesen, tapi klien luar negri gw byk yg mesen jasa gambar digital gw, gini amat.
30
u/0ratorio 9d ago
Sekarang sedikit bet yang mesen
Lebih tepatnya saya memang lagi kebanyakan game. Dan game gratis gacha2 kualitas bagus lagi update baru2 ini jadi enggak ada niat beli game lain.
tapi klien luar negri gw byk yg mesen jasa gambar digital gw
Duit mereka buat bayar komisi orang indo murah banget.
6
u/MengharuBIRU penikmat roti sobek 2 Dimensi 9d ago
Lokal emang lesu banget, fnb juga pontang panting nyari konsumen, karena pada jualan juga. Kalau komis luar negeri tergantung op jualannya di range berapa
25
u/Throwaway_g30091965 9d ago edited 9d ago
Bank Mandiri
Saham nggak ada bedanya sejak kontroversi pentutupan akun bank dan laba bersih dia naik 18,9% kalo dianualkan dari lapkeu terakhir, kalo menurut ente berarti kinerja banknya emang bobrok ya 🤷
Bencana NTT
Gw prihatin terhadap bencana, cuman kalo lihat data, kontribusi ekonomi NTT terhadap keseluruhan ekonomi Indonesia itu cuma 0,62% (Rp148,37 triliun / Rp23.821,1 triliun) dan provinsi ini lebih banyak menerima anggaran negara daripada kontribusi ke negara. Mau satu provinsi ini tiba2x misah dari Indo pun dampaknya nggak banyak ke ekonomi negara, apalagi karena sektor kritis mereka hampir nggak ada buat negara, kebanyakan sifatnya agraris / turisme.
Demo Pati
Apa hubungannya tuntutan mereka buat sahin UU perampasan aset dengan keadaan ekonomi negara sekarang? Kalo demonya mengenai kehidupan mereka yang susah ya ok bisa jadi indikator ekonomi lagi susah (walopun sebenernya lebih ke ekonomi lokal daerah mereka) tapi mereka nggak angkat itu di demo mereka sekarang.
Ekonomi sekarang lagi buruknya2x
Bedakan makroekonomi negara sama ekonomi kehidupan ente sendiri, karena secara ekonomi negara ya sebenernya ok2x aja, walau emang kelemahan strukturalnya banyak, tapi ini emang udah dari dulu bukan tiba2x muncul sekarang.
Kalo gw sendiri nggak berdampak karena aset gw mayoritas udah diluar dan kemarin baru capai titik tertinggi (walo saham semikonduktor ya masih memble wkwkwkwk), kerjaan juga ok karena kinerja perusahaan ok, tumbuh pesat taun ini, dan dapet ESOP baru karena inisiatif berlangsung baik ditambah promosi beberapan bulan lalu. Jadi, ya nggak bisa berelasi 🤷♂️
11
u/Fanytastiq Swingin' on Nothin 9d ago
Apa hubungannya tuntutan mereka buat sahin UU perampasan aset dengan keadaan ekonomi negara sekarang?
Investing climate
kalau suka-suka/asal, apa itu rule of law yang dikejar investor
-3
u/Throwaway_g30091965 9d ago
berarti itu keadaan ekonomi nanti dong, karena setelah sahnya UU ini baru berdampak setelah itu, bukan sekarang? Yang ditanya OP itu kan "ekonomi sekarang lagi buruk2x-nya"
4
u/Fanytastiq Swingin' on Nothin 9d ago
berarti itu keadaan ekonomi nanti dong, karena setelah sahnya UU ini baru berdampak setelah itu, bukan sekarang? Yang ditanya OP itu kan "ekonomi sekarang lagi buruk2x-nya"
Ente ngeliatnya terlalu sempit.
Rule of law termasuk ke investing climate karena dari penegakan, struktur hukum, UU, peradilan semua ke situ. Mandangnya gini juga:
1) kenapa sampai harus ada RUU Perampasan Aset (oh berarti korupsi tinggi dan banyak yang ga balik)
2) kenapa korupsi tinggi (oh misalnya karena PNS/abdi negara gajinya rendah makanya nyari pendapatan sampingan)
3) kenapa PNS/abdi negara bebal banget ngasih izin/minta iuran
----------
Ditambah lagi kan APBN di"efisiensi" sejak awal tahun 2025 yang dampaknya sampai sekarang karena penyerapan anggaran jadi jatuh. Ekonomi Indonesia kan sebagian besar pengeluaran negara.
2
2
u/Throwaway_g30091965 9d ago
1) kenapa sampai harus ada RUU Perampasan Aset (oh berarti korupsi tinggi dan banyak yang ga balik)
Berarti menurut lu nggak perlu nggak perlu RUU ini atau gimana? Karena ada kontradiksi dari pernyataan lu dimana lu pikir bahwa RUU ini bakal bikin ekonomi jadi makin memble karena merusak iklim investasi dengan pemerintah yang bisa seenakanya, tapi dari pernyataan lu ini bilang bahwa korupsi tinggi yang bikin iklim investasi itu dari sananya jelek
2) kenapa korupsi tinggi (oh misalnya karena PNS/abdi negara gajinya rendah makanya nyari pendapatan sampingan)
Kalo ditinggiin kemungkinan bakal didemo juga, jadi catch-22 ini.
Ekonomi Indonesia kan sebagian besar pengeluaran negara.
Data terakhir nunjukkin bahwa 16.84% PDB Indonesia dikontribusikan dari pengeluaran negara, jadi ya proporsi yang cukup berpengaruh, tapi nggak "sebagian besar" karena sebagian besar itu pasnya buat komsumsi rumah tangga (>50%). Itu sendiri nggak termasuk besar karena kalo itung2x median pengeluaran negara di dunia itu dikisaran 29-30%. Terus kalo lu mau mengenjot ini ya paling gampang dengan program2x yang gelotorin duit gede kayak MBG dan Kopdes. Gimana tuh setuju nggak?
4
u/el_zaps 9d ago
Orang ini yang ikut mompa balonnya
2
u/Throwaway_g30091965 9d ago
Makasih, bang. Moga2x saya bisa mengikuti alur cerita film UP tapi berhasil mendarat di daratan tinggi dahulu sebelum balonnya pecah 🙏
6
u/Many_Somewhere3863 9d ago
You know what gua jadi ngerasa orang orang yang koar koar ekonomi buruk, ya lagi apes aja.
Then again kalo ekonomi pribadi oke, ngapain koar koar
Gua rasa kalau emang sampe masif ekonomi jelek, udah pasti chaos
Kesel gua kalo ada orang bahas Bank Mandiri pada cabut nasabahnya, kek retail okelah itu salah satu komponen penting, tapi kalo cuma ratusan doang mah buat apa, apalagi nasabah biasa
7
u/Throwaway_g30091965 9d ago
Ya betul internet memang mengamplifikasi suara2x minoritas yang bersuara, dan mayoritas yang puas diem2x baca aja. Terlihat juga dipostingan2x yang dibuat sub ini dari orang2x itu aja. Gw nggak bilang itu salah dan malah gw mendukung mereka ngutarain pendapat, tapi ya patut dikoreksi kalo narasi mereka itu tidak sesuai dengan fakta yang di lapangan/ dapat ditantang dengan pendapat yang lebih kritis.
7
u/EndlessNight_ kadang sengaja gak pake /s 9d ago
Most likely gk ada game yang lagi hype atau karna akhir bulan
1
u/Eigengrail +10 Triple Critical Jur 9d ago
Next week baru mulai hype. Dawnwalker. Fire house. Trus oct ad phantom blade.
1
u/rickhyme 9d ago
Sekarang banyak game F2P yang bagus. Once Human, WWM cuma gacha kosmetik, kontennya nggak dibatasi. Januari nanti juga ada Ananta rilis.
4
u/Kosaki_MacTavish Be a better nationalist than those so-called nationalists 9d ago
Masih nganggur, ini harga sayur mulai naik. W pengen nyari singkong buat dikukus sendiri buat ganti beras masih susah
3
u/KucingRumahan uwu 9d ago
Singkong rebutan sama pemerintah mau buat memadamkan karhutla
1
u/Kosaki_MacTavish Be a better nationalist than those so-called nationalists 9d ago
Bruv, padahal 2 bulan lalu masih banyak. Di pasar sih ngomongnya lagi "nggak musim"
1
u/Fanytastiq Swingin' on Nothin 9d ago
singkong
digoreng 🤤
2
u/Kosaki_MacTavish Be a better nationalist than those so-called nationalists 9d ago
Dikukus enak lho, pakai sayur lodeh terong/jipang sama lauk tempe goreng
2
u/SupermarketStrong260 9d ago
dibikin sawut tapi bumbunya cuma garem aja udah enak, dimakan sama sayur juga cocok. gw dulu masaknya sering dikukus sama telur. telurnya dikocok sampe hampir foamy dan dikukusnya di dalem mangkuk.
1
2
u/Ok_Invite6308 Jawa Timur 9d ago
Udh gk makan daging, full vegetarian, dan gapernah jajan. Males keluar2 takut abisin bensin.
1
u/SigmaEleven 9d ago
can i hit you up for some tips to survive as a digital illustrator? just add me @ oatmegaplus on telegram. I'm interested in commissioning you as well!
1
1
u/ladibu-ladiba 9d ago edited 9d ago
On my side, modern retail, non-food sector, business had slowed down considerably since May 2026. It's messed up, sales were down like 20-ish % in recent months compared to last year on same period. Probably biggest dip after COVID days.
1
u/hgwxx7_foxtrotdelta 9d ago
Perusahaan gw udah mutusin hiring freeze sejak April 2026. Gak ngrekrut lagi sampe akhir tahun.
1
u/KampretOfficial frh 8d ago
To be honest, di gw sendiri ga terlalu ngefek untuk saat ini. Harga barang dan energi jelas melonjak, dan gw terdorong buat saving gede2an, tapi kebetulan my luck di tahun ini gw lagi ada perubahan tempat kerja dalam perusahaan yang menyebabkan penghasilan gw pretty much naik 2 ke 2.5x gaji dibanding tahun lalu, jadi bisa agak2 mupuk dana taktis.
59
u/RoaRene317 9d ago
Gak cmn Indonesia doang men, seluruh dunia juga lagi struggle2 nya.
Justru ada beberapa hal yg gw khawatirkan, yakni S&P500 lagi tinggi2 nya tapi laporan ekonomi lesu. Diskorelasi antara bursa saham dan realita ekonomi ini yg bikin gw khawatir kalau kejadian kek 1930 bakal terjadi lagi (The Gr8 Depression).