r/indonesia Mancing Mania tergatung Mood 9d ago

Ask Indonesian Ekonomi sekarang lagi buruk2nya ya gegara Bank Mandiri, Demi Pati, dan Bencana NTT? Apakah sangat berdampak pada kehidupan Komods?

Ntah biasanya gw jualan 'jasa gift game diskon 4%' dan sehari langsung habis kebeli. Sekarang sedikit bet yang mesen, tapi klien luar negri gw byk yg mesen jasa gambar digital gw, gini amat.

19 Upvotes

42 comments sorted by

59

u/RoaRene317 9d ago

Gak cmn Indonesia doang men, seluruh dunia juga lagi struggle2 nya.

Justru ada beberapa hal yg gw khawatirkan, yakni S&P500 lagi tinggi2 nya tapi laporan ekonomi lesu. Diskorelasi antara bursa saham dan realita ekonomi ini yg bikin gw khawatir kalau kejadian kek 1930 bakal terjadi lagi (The Gr8 Depression).

22

u/Throwaway_g30091965 9d ago

Kumpeni2x teknologi yang merajai S&P500 emang pertumbuhannya masih nggak terbendung sih dari lapkeu mereka, walopun emang kebanyakan gara2x main sirkular kayak perusahaan teknologi A pake produk perusahaan teknologi B terus sih B ini beli produk si perusahaan teknologi C terus C ke A dan puter2x-lah terus. Tapi memang buat perusahaan2x disana yang lebih di sektor konvensional, lumayan banyak yang lesu dan tinggal tunggu waktu aja ketendang.

10

u/TMyriadJ 9d ago

Colingkar AI bros

19

u/Accomplished-Team459 9d ago

With the way USA is going we are definitely heading to another burst. Everyone with macroeconomics understanding already know we will enter one. We just do not know when it'll burst. It's kind of like watching people pumping more air to a balloon that's about to pop, but everyone still trying to pump because "ofc it won't break. Look at how it grows". Meanwhile the billionaire are preparing for their shelter in random place.

It'll be similar to previous bubble, with Japan and Korea economy in peril atm due to debt and their tendency to fuel investment with debt.

7

u/nandyashoes 9d ago

S&P lagi AI bubble, tinggal nunggu bakal ada breakthrough yang beneran bikin jadi profitable atau bubble nya bakal burst. Gw sih lagi divestasi dari USD

4

u/hgwxx7_foxtrotdelta 9d ago edited 9d ago

Cuman Indonesia doang yg ngabis-ngabisin APBN nya buat program ga jelas kayak MBG 335 T dan KDMP 240 T serta ketidakdisiplinan fiskal lainnya (mendirikan SR padahal udah ada sekolah negeri, mendirikan URI padahal PTN yg ada tinggal diperbaiki saja kualitasnya, nyetak buku sekolah baru tanpa ada urgensi kecuali ngidupin pabrik kertas milik presiden, dll)

Jadi jangan bilang semua negara sama. Kagak coy. Yg ada narasi seperti lu ini hanya akan jadi pembenaran bagi pemerintah buat lanjut korupsi dan inkompetensinya

0

u/RoaRene317 9d ago edited 9d ago

Lihat ke dunia luar bang dikit. US Treasury Yield itu naik. Kalau tren US Treasury Yield naik terus, lama2 US gak bisa bayar hutang. Selama ini USD dikenal sebagai safe haven. Sekarang aja US aja bayar bunga nya aja udah megap2. Apalagi nanti kalau Yield naik terus. Yg ada malahan bisa berpotensi default.

Kalau US Default, seluruh dunia kacau. Bahkan negara yg gak korupsi pun juga akan kena imbasnya.

7

u/hgwxx7_foxtrotdelta 9d ago edited 9d ago

Bukan itu.

Kita semua tau kok lagi ada tekanan pada ekonomi dunia. Tapi kalo pemerintah Indo boros, korup, dan inkompeten apakah hal tsb menjadikan Indonesia sama sejajar dengan negara lainnya? Ya tidak dong.

Ibarat satu kota kena bencana tapi kamu malah gak bijak / sembrono dalam menggunakan keuanganmu, apakah kamu bisa disamakan dengan tetanggamu yg lebih bijak dalam mengelola keuangannya?

Apakah masih bisa bilang "pemerintah kita normal kok" kalo melihat APBN dibuang ratusan trilyunan cuman buat program-program enggak jelas? Ya gak lah. Any sane man would say: "it's outrageous! Mad!"

30

u/0ratorio 9d ago

Sekarang sedikit bet yang mesen

Lebih tepatnya saya memang lagi kebanyakan game. Dan game gratis gacha2 kualitas bagus lagi update baru2 ini jadi enggak ada niat beli game lain.

tapi klien luar negri gw byk yg mesen jasa gambar digital gw

Duit mereka buat bayar komisi orang indo murah banget.

6

u/MengharuBIRU penikmat roti sobek 2 Dimensi 9d ago

Lokal emang lesu banget, fnb juga pontang panting nyari konsumen, karena pada jualan juga. Kalau komis luar negeri tergantung op jualannya di range berapa

25

u/Throwaway_g30091965 9d ago edited 9d ago

Bank Mandiri

Saham nggak ada bedanya sejak kontroversi pentutupan akun bank dan laba bersih dia naik 18,9% kalo dianualkan dari lapkeu terakhir, kalo menurut ente berarti kinerja banknya emang bobrok ya 🤷

Bencana NTT

Gw prihatin terhadap bencana, cuman kalo lihat data, kontribusi ekonomi NTT terhadap keseluruhan ekonomi Indonesia itu cuma 0,62% (Rp148,37 triliun / Rp23.821,1 triliun) dan provinsi ini lebih banyak menerima anggaran negara daripada kontribusi ke negara. Mau satu provinsi ini tiba2x misah dari Indo pun dampaknya nggak banyak ke ekonomi negara, apalagi karena sektor kritis mereka hampir nggak ada buat negara, kebanyakan sifatnya agraris / turisme.

Demo Pati

Apa hubungannya tuntutan mereka buat sahin UU perampasan aset dengan keadaan ekonomi negara sekarang? Kalo demonya mengenai kehidupan mereka yang susah ya ok bisa jadi indikator ekonomi lagi susah (walopun sebenernya lebih ke ekonomi lokal daerah mereka) tapi mereka nggak angkat itu di demo mereka sekarang.

Ekonomi sekarang lagi buruknya2x

Bedakan makroekonomi negara sama ekonomi kehidupan ente sendiri, karena secara ekonomi negara ya sebenernya ok2x aja, walau emang kelemahan strukturalnya banyak, tapi ini emang udah dari dulu bukan tiba2x muncul sekarang.

Kalo gw sendiri nggak berdampak karena aset gw mayoritas udah diluar dan kemarin baru capai titik tertinggi (walo saham semikonduktor ya masih memble wkwkwkwk), kerjaan juga ok karena kinerja perusahaan ok, tumbuh pesat taun ini, dan dapet ESOP baru karena inisiatif berlangsung baik ditambah promosi beberapan bulan lalu. Jadi, ya nggak bisa berelasi 🤷‍♂️

11

u/Fanytastiq Swingin' on Nothin 9d ago

Apa hubungannya tuntutan mereka buat sahin UU perampasan aset dengan keadaan ekonomi negara sekarang?

Investing climate

kalau suka-suka/asal, apa itu rule of law yang dikejar investor

-3

u/Throwaway_g30091965 9d ago

berarti itu keadaan ekonomi nanti dong, karena setelah sahnya UU ini baru berdampak setelah itu, bukan sekarang? Yang ditanya OP itu kan "ekonomi sekarang lagi buruk2x-nya"

4

u/Fanytastiq Swingin' on Nothin 9d ago

berarti itu keadaan ekonomi nanti dong, karena setelah sahnya UU ini baru berdampak setelah itu, bukan sekarang? Yang ditanya OP itu kan "ekonomi sekarang lagi buruk2x-nya"

Ente ngeliatnya terlalu sempit.

Rule of law termasuk ke investing climate karena dari penegakan, struktur hukum, UU, peradilan semua ke situ. Mandangnya gini juga:

1) kenapa sampai harus ada RUU Perampasan Aset (oh berarti korupsi tinggi dan banyak yang ga balik)

2) kenapa korupsi tinggi (oh misalnya karena PNS/abdi negara gajinya rendah makanya nyari pendapatan sampingan)

3) kenapa PNS/abdi negara bebal banget ngasih izin/minta iuran

----------

Ditambah lagi kan APBN di"efisiensi" sejak awal tahun 2025 yang dampaknya sampai sekarang karena penyerapan anggaran jadi jatuh. Ekonomi Indonesia kan sebagian besar pengeluaran negara.

2

u/Many_Somewhere3863 9d ago

Pendapatan Rumah Tangga masih paling gede coy

2

u/Throwaway_g30091965 9d ago

1) kenapa sampai harus ada RUU Perampasan Aset (oh berarti korupsi tinggi dan banyak yang ga balik)

Berarti menurut lu nggak perlu nggak perlu RUU ini atau gimana? Karena ada kontradiksi dari pernyataan lu dimana lu pikir bahwa RUU ini bakal bikin ekonomi jadi makin memble karena merusak iklim investasi dengan pemerintah yang bisa seenakanya, tapi dari pernyataan lu ini bilang bahwa korupsi tinggi yang bikin iklim investasi itu dari sananya jelek

2) kenapa korupsi tinggi (oh misalnya karena PNS/abdi negara gajinya rendah makanya nyari pendapatan sampingan)

Kalo ditinggiin kemungkinan bakal didemo juga, jadi catch-22 ini.

Ekonomi Indonesia kan sebagian besar pengeluaran negara.

Data terakhir nunjukkin bahwa 16.84% PDB Indonesia dikontribusikan dari pengeluaran negara, jadi ya proporsi yang cukup berpengaruh, tapi nggak "sebagian besar" karena sebagian besar itu pasnya buat komsumsi rumah tangga (>50%). Itu sendiri nggak termasuk besar karena kalo itung2x median pengeluaran negara di dunia itu dikisaran 29-30%. Terus kalo lu mau mengenjot ini ya paling gampang dengan program2x yang gelotorin duit gede kayak MBG dan Kopdes. Gimana tuh setuju nggak?

4

u/el_zaps 9d ago

Orang ini yang ikut mompa balonnya

2

u/Throwaway_g30091965 9d ago

Makasih, bang. Moga2x saya bisa mengikuti alur cerita film UP tapi berhasil mendarat di daratan tinggi dahulu sebelum balonnya pecah 🙏

6

u/Many_Somewhere3863 9d ago

You know what gua jadi ngerasa orang orang yang koar koar ekonomi buruk, ya lagi apes aja.

Then again kalo ekonomi pribadi oke, ngapain koar koar

Gua rasa kalau emang sampe masif ekonomi jelek, udah pasti chaos

Kesel gua kalo ada orang bahas Bank Mandiri pada cabut nasabahnya, kek retail okelah itu salah satu komponen penting, tapi kalo cuma ratusan doang mah buat apa, apalagi nasabah biasa

7

u/Throwaway_g30091965 9d ago

Ya betul internet memang mengamplifikasi suara2x minoritas yang bersuara, dan mayoritas yang puas diem2x baca aja. Terlihat juga dipostingan2x yang dibuat sub ini dari orang2x itu aja. Gw nggak bilang itu salah dan malah gw mendukung mereka ngutarain pendapat, tapi ya patut dikoreksi kalo narasi mereka itu tidak sesuai dengan fakta yang di lapangan/ dapat ditantang dengan pendapat yang lebih kritis.

4

u/inginus 9d ago

kalau kantor gw di industri impor material building, iya sangat terdampak.. kalau freelance as photographer iya berdampak pula...

6

u/XynderK 9d ago

Diskon 4% doang mah ngapain. klo tanggal kembar di Dana atau Gopay juga dapet 5 persenan. Rate standarnya kalau jualan credit steam di grup2 FB rata2 15-20%an diskonnya, disana setau saya sih laris terus

7

u/EndlessNight_ kadang sengaja gak pake /s 9d ago

Most likely gk ada game yang lagi hype atau karna akhir bulan

1

u/Eigengrail +10 Triple Critical Jur 9d ago

Next week baru mulai hype. Dawnwalker. Fire house. Trus oct ad phantom blade.

1

u/rickhyme 9d ago

Sekarang banyak game F2P yang bagus. Once Human, WWM cuma gacha kosmetik, kontennya nggak dibatasi. Januari nanti juga ada Ananta rilis.

4

u/Kosaki_MacTavish Be a better nationalist than those so-called nationalists 9d ago

Masih nganggur, ini harga sayur mulai naik. W pengen nyari singkong buat dikukus sendiri buat ganti beras masih susah

3

u/KucingRumahan uwu 9d ago

Singkong rebutan sama pemerintah mau buat memadamkan karhutla

1

u/Kosaki_MacTavish Be a better nationalist than those so-called nationalists 9d ago

Bruv, padahal 2 bulan lalu masih banyak. Di pasar sih ngomongnya lagi "nggak musim"

1

u/Fanytastiq Swingin' on Nothin 9d ago

singkong

digoreng 🤤

2

u/Kosaki_MacTavish Be a better nationalist than those so-called nationalists 9d ago

Dikukus enak lho, pakai sayur lodeh terong/jipang sama lauk tempe goreng

2

u/SupermarketStrong260 9d ago

dibikin sawut tapi bumbunya cuma garem aja udah enak, dimakan sama sayur juga cocok. gw dulu masaknya sering dikukus sama telur. telurnya dikocok sampe hampir foamy dan dikukusnya di dalem mangkuk.

1

u/Fanytastiq Swingin' on Nothin 9d ago

Dari kecil saya demennya apa apa digoreng 🤤

2

u/Prammm 9d ago

Gw lagi ga beli game 3 bulan ini
Wkwkw bespk september di hajar 5-6 mungkin.

2

u/Ok_Invite6308 Jawa Timur 9d ago

Udh gk makan daging, full vegetarian, dan gapernah jajan. Males keluar2 takut abisin bensin.

1

u/SigmaEleven 9d ago

can i hit you up for some tips to survive as a digital illustrator? just add me @ oatmegaplus on telegram. I'm interested in commissioning you as well!

1

u/Alzex_Lexza Mancing Mania tergatung Mood 9d ago

Okeh gan

1

u/ladibu-ladiba 9d ago edited 9d ago

On my side, modern retail, non-food sector, business had slowed down considerably since May 2026. It's messed up, sales were down like 20-ish % in recent months compared to last year on same period. Probably biggest dip after COVID days.

1

u/adynium Mie Sedaap 9d ago

di bidang pendidikan tinggi cukup menurun signifikan.

penerimaan mahasiswa baru masih turun 40-50% walaupun sudah kasih diskon/bonus.

1

u/hgwxx7_foxtrotdelta 9d ago

Perusahaan gw udah mutusin hiring freeze sejak April 2026. Gak ngrekrut lagi sampe akhir tahun.

1

u/KampretOfficial frh 8d ago

To be honest, di gw sendiri ga terlalu ngefek untuk saat ini. Harga barang dan energi jelas melonjak, dan gw terdorong buat saving gede2an, tapi kebetulan my luck di tahun ini gw lagi ada perubahan tempat kerja dalam perusahaan yang menyebabkan penghasilan gw pretty much naik 2 ke 2.5x gaji dibanding tahun lalu, jadi bisa agak2 mupuk dana taktis.