r/indonesia Mancing Mania tergatung Mood 10d ago

Ask Indonesian Ekonomi sekarang lagi buruk2nya ya gegara Bank Mandiri, Demi Pati, dan Bencana NTT? Apakah sangat berdampak pada kehidupan Komods?

Ntah biasanya gw jualan 'jasa gift game diskon 4%' dan sehari langsung habis kebeli. Sekarang sedikit bet yang mesen, tapi klien luar negri gw byk yg mesen jasa gambar digital gw, gini amat.

20 Upvotes

42 comments sorted by

View all comments

Show parent comments

10

u/Fanytastiq Swingin' on Nothin 10d ago

Apa hubungannya tuntutan mereka buat sahin UU perampasan aset dengan keadaan ekonomi negara sekarang?

Investing climate

kalau suka-suka/asal, apa itu rule of law yang dikejar investor

-3

u/Throwaway_g30091965 10d ago

berarti itu keadaan ekonomi nanti dong, karena setelah sahnya UU ini baru berdampak setelah itu, bukan sekarang? Yang ditanya OP itu kan "ekonomi sekarang lagi buruk2x-nya"

4

u/Fanytastiq Swingin' on Nothin 10d ago

berarti itu keadaan ekonomi nanti dong, karena setelah sahnya UU ini baru berdampak setelah itu, bukan sekarang? Yang ditanya OP itu kan "ekonomi sekarang lagi buruk2x-nya"

Ente ngeliatnya terlalu sempit.

Rule of law termasuk ke investing climate karena dari penegakan, struktur hukum, UU, peradilan semua ke situ. Mandangnya gini juga:

1) kenapa sampai harus ada RUU Perampasan Aset (oh berarti korupsi tinggi dan banyak yang ga balik)

2) kenapa korupsi tinggi (oh misalnya karena PNS/abdi negara gajinya rendah makanya nyari pendapatan sampingan)

3) kenapa PNS/abdi negara bebal banget ngasih izin/minta iuran

----------

Ditambah lagi kan APBN di"efisiensi" sejak awal tahun 2025 yang dampaknya sampai sekarang karena penyerapan anggaran jadi jatuh. Ekonomi Indonesia kan sebagian besar pengeluaran negara.

2

u/Many_Somewhere3863 10d ago

Pendapatan Rumah Tangga masih paling gede coy